Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Proyek Waduk Jatigede Capai 92%

Pemprov Jawa Barat memastikan proyek fisik Waduk Jatigede,Sumedang segera rampung menjelang peresmian September 2014 meski pemberian ganti rugi masih menggantung.

Bisnis.com, BANDUNG—Pemprov Jawa Barat memastikan proyek fisik Waduk Jatigede,Sumedang segera rampung menjelang peresmian September 2014 meski pemberian ganti rugi masih menggantung.

Sekretaris Daerah Jabar Wawan Ridwan mengatakan kepastian fisik Waduk Jatigede segera rampung didapat setelah pihaknya melakukan kunjungan ke lokasi proyek tersebut.

Menurutnya sejauh ini proyek tersebut sudah mencapai 92%. “Sisa 8% tidak berat, sudah diperhitungkan para ahli di sana,” katanya, Kamis (3/4/2014).

Menurutnya awalnya setelah mengalami sejumlah kemunduran, di lapangan cukup terjadi kesulitan.

Wawan mengatakan usai penggenangan diundur dari Februari 2014 menjadi Mei 2014 proyek sejumlah pekerjaan besar masih tidak mungkin terkejar.

“Tapi pusat mengundurkan sampai September, kalau begitu masih mungkin [rampung],” katanya.

Dia menuturkan sejumlah proyek fisik yang sudah rampung adalah terowongan pengelak air yang berdiameter 10 meter dengan panjang 556 m.

Terowongan ini menurutnya sudah difungsikan sejak Agustus lalu dimana air sungai Cimanuk,  sudah dibendung dan seluruhnya masuk ke terowongan yang mengalir melewati terowongan menuju hilir.

Di atas terowongan pun sudah dibangun spillway (katup) inlet irigasi.

Sementara kondisi bendungan yang direncanakan akan dibangun sepanjang 1.715 m dengan Lebar mercu bendungan 12 meter serta tinggi maksimum 110 m, sudah dibeton.

“Sudah lebih dari 92%, artinya September memang tercapai,” katanya.

Menurutnya persoalan fisik Jatigede meski dijadwalkan pada September akan digenani dipastikan aman dari kekhawatiran keretakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper