Ini 10 Brand Teratas Peraih Indonesia Wow Brand Award 2014

Sebanyak 78 brand yang dianggap memiliki kekuatan mendorong pelanggannya untuk merekomendasikan produk tersebut kepada orang lain berhasil meraih penghargaan Indonesia Wow Brand 2014.
Dewi Andriani | 02 April 2014 15:40 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Sebanyak 78 brand yang dianggap memiliki kekuatan mendorong pelanggannya untuk merekomendasikan produk tersebut kepada orang lain berhasil meraih penghargaan Indonesia Wow Brand 2014.

Indonesia Wow Brand 2014 merupakan penghargaan yang diberikan kepada brand-brand dengan Brand Advocacy Ratio tertinggi berdasarkan hasil riset perusahaan MarkPlus Insight di beberapa kota di Indonesia.

Chief  Knowledge Officer MarkPlus.Inc Iwan Setiawan mengatakan pengukuran Indonesia Wow Brand ini berbeda dari award-award sebelumnya yang hanya menekankan parameter popularitas dari sisi brand awareness.

Sebab, sambungnya, yang terpenting dari sebuah brand saat ini bukan sekedar popular tetapi, mampu mengubah awareness menjadi advocates. Dengan kata lain, mengubah orang yang sekadar tahu menjadi advocator yang selalu merekomendasikan merek tersebut kepada orang lain.

“Dari hasil riset kami terhadap 400 brand, hanya ada 78 brand yang diwakili 33 perusahaan yang berhasil masuk dalam kategori Wow Brand. Dimana, 57 diantaranya atau 73% merupakan brand lokal,” ujarnya dalam konfrensi pers, Rabu (2/4/2014).

Penelitian tersebut dilakukan terhadap 20.000 responden di 18 kota di Indonesia dengan kriteria konsumen dan pembuat keputusan untuk membeli brand-brand terkait dengan pengeluaran per bulan di atas Rp1 juta.

Usia responden antara 15 hingga 60 tahun dengan periode survey Februari hingga maret 2014. Metode sampling menggunakan multi stage random sampling, pengumpulan daya melalui wawancara langsung dengan responden serta menggunakan metode Computer Assister Telephone Interview (CATI).

10 Besar Peraih Penghargaan Indonesia Wow Brand 2014

  1. Tong Tji (the kemasan)
  2. Nestle Beer Brand (susu tanpa rasa)
  3. Wall’s (es krim)
  4. Buavita (jus siap minum)
  5. Puply Orange (jus siap minum)
  6. Aqua (air mineral)
  7. Indomie (mie instan)
  8. Kapal Api (kopi kemasan)
  9. Frisian Flag (susu kental manis)
  10. Ultra Milk (susu kemasan)

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
brand, merek, branding

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top