Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Incar Swasembada Garam, Pugar Jateng Diguyur Dana Rp8,7 Miliar

Pemerintah mengucurkan dana sebesar Rp8,7 miliar dalam rangka program peningkatan usaha garam rakyat (Pugar) kepada Provinsi Jawa Tengah
   Petani garam. /
Petani garam. /

Bisnis.com, JAKARTA--Pemerintah mengucurkan dana sebesar Rp8,7 miliar dalam rangka program peningkatan usaha garam rakyat (Pugar) kepada Provinsi Jawa Tengah, yang diklaim bisa mendukung target swasembada garam di daerah itu.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyalurkan dana itu ke empat kabupaten, yang menjadi sentra Pugar. "Kabupaten Pati, Rembang, Brebes, dan Jepara diproyeksikan mendukung swasembada garam Jawa Tengah," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C. Sutardjo, Minggu (16/3/2014).

Selain empat kabupaten itu, lanjutnya, ada beberapa kabupaten lain yang menjadi sentra Pugar, yaitu Cirebon dan Indramayu di Jawa Barat, serta Sampang, Sumenep dan Pamekasan di Jawa Timur.

Sharif memaparkan untuk memenuhi kebutuhan garam konsumsi nasional mencapai 1,5 juta ton/tahun, sedangkan garam industri sebesar 2 juta ton, maka mulai 2011 KKP melaksanakan program Pugar di 40 Kabupaten/Kota dan tahun 2014 diperluas menjadi 43 Kabupaten/Kota.

Tercatat, total persediaan garam nasional 2013 sebanyak 1,34 ton, dikurangi kebutuhan garam semester II/2013 sebanyak 740.000 ton, sehingga masih ada surplus produksi garam 2013 sebesar 605.400 ton. Sedangkan target produksi garam tahun 2014 sebesar 3,3 juta ton dari target lahan sekitar 26.700 hektar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arys Aditya
Editor : Setyardi Widodo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper