Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemasok FAME di Daerah Terpencil Butuh Insentif

Pemerintah harus memberikan insentif kepada pemasok fatty acid methyl ester (FAME) di daerah terpencil, untuk menjaga kesinambungan pendistribusian bahan bakar nabati (BBN) di kawasan Indonesia Timur.
Lili Sunardi
Lili Sunardi - Bisnis.com 12 Maret 2014  |  17:11 WIB
Bahan bakar biodiesel - JIBI
Bahan bakar biodiesel - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah harus memberikan insentif kepada pemasok fatty acid methyl ester (FAME) di daerah terpencil, untuk menjaga kesinambungan pendistribusian bahan bakar nabati (BBN) di kawasan Indonesia Timur.

Ali Mundakir, Vice President Corporate Communication Pertamina, mengatakan perusahaan masih membutuhkan waktu untuk menyalurkan biosolar di Indonesia Timur. Pasalnya, perusahaan yang memasok FAME membutuhkan waktu untuk membangun fasilitas penyimpanan di wilayah tersebut.

“Penambahan biaya handling FAME, modifikasi, dan penambahan fasilitas penimbunan BBN di beberapa wilayah dapat berdampak pada kenaikkan harga jual biosolar dibandingkan dengan solar,” katanya di Jakarta, Rabu (12/3/2014).

Ali Menuturkan Pertamina sendiri akan melaksanakan lelang pengadaan 850.000 kiloliter FAME untuk kebutuhan 2014-2015 tahap ketiga. Rencananya, 115.000 kiloliter per tahun FAME diantaranya akan disalurkan untuk kebutuhan di Sumatra, dan 28.000 kiloliter per tahun untuk memenuhi kebutuhan di Nusa Tenggara.

Kemudian, 335.000 kiloliter per tahun untuk memenuhi kebutuhan FAME di Kalimantan dan Sulawesi, serta 372.000 kiloliter per tahun untuk memenuhi kebutuhan di Papua.

Lelang tersebut merupakan kelanjutan dari dua proses lelang pengadaan FAME yang dilakukan perseroan. Dari target pengadaan 5,3 juta kiloliter, Pertamina hanya mampu memperoleh pasokan 2,38 juta kiloliter FAME hasil dua proses lelang sebelumnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bbn
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top