Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkab Banyuwangi: Rel Ganda Jangan Cuma Sampai Surabaya

Pemerintah Banyuwangi mengusulkan rel ganda yang dibangun di wilayah utara Jawa dan jalur selatan tak hanya sampai Surabaya.
Rel ganda di Jatim tidak berhenti di Surabaya
Rel ganda di Jatim tidak berhenti di Surabaya

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi mengusulkan rel ganda yang dibangun di wilayah utara Jawa dan jalur selatan tak hanya sampai Surabaya.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menguraikan jalur rel ganda perlu diteruskan sampai timur, Pasuruan, Probolinggo, Situbondo dan Banyuwangi. Pasalnya, di daerah yang dikenal sebagai tapal kuda itu muncul kawasan ekonomi baru.

"Jalur ganda tersebut bisa mendorong geliat industri-industri di timur Jatim, terutama industri yang berbasis komoditas pertanian. Sekaligus ini akan memeratakan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi," ujar Anas di sela-sela musyawarah rencana pembangunan provinsi Jatim di Surabaya, Kamis (6/3/2014).

Saat ini, jumlah penduduk dari wilayah Sidoarjo ke timur atau yang sering disebut sebagai wilayah Tapal Kuda mencapai 9.006.395 jiwa atau sekitar 24 persen dari total penduduk Jatim. Total Produk Domestik Regional Bruto kabupaten/kota yang terletak di Tapal Kuda sebesar Rp 155,32 triliun atau sekitar 16 persen dari total PDRB Jatim.

Di kawasan timur juga sudah berdiri kawasan industri PIER di Pasuruan dan tak lama lagi dibangun Banyuwangi Wongsorejo Industrial Estate di Banyuwangi. Oleh karena itu diperkirakan sekitar 30% persen kontainer yang ada di Jatim tiap tahunnya berasal dari wilayah timur.

Adapun di sisi lain, lanjut dia, rasio panjang jalan per jumlah kendaraan di Jatim adalah 3,29 km untuk setiap 1000 kendaraan bermotor pada 2012. Jumlah itu terus menurun dibanding tahun sebelumnya sebesar 3,57 km per 1000 kendaraan bermotor. Ini menunjukkan makin banyaknya kendaraan, sehingga beban jalan kian meningkat.

"Jalur ganda akan memancing industri baru, terutama yang berbasis agro sesuai potensi di wilayah timur dan memudahkan mobilisasinya ke Surabaya dan daerah tujuan pasar lainnya," lanjutnya.

Seperti diketahui jalur rel ganda Jakarta-Surabaya di sisi utara Jawa Timur dengan panjang sekitar 370 kilometer selesai April, bulan depan. Sedangkan jalur selatan, Jakarta melalui Purwakarta, Solo, Madiun dan Surabaya diprediksi selesai 2017 dengan melibatkan kerjasama teknis dan pendanaan dari China dan Jepang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper