Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kontribusi Pertumbuhan Ekonomi dari Luar Jawa Bakal Menyusut

Peran luar Jawa terhadap pertumbuhan ekonomi terancam menyusut dalam jangka pendek akibat penerapan UU Pertambangan Mineral dan Batubara yang memperlambat ekspor wilayah tersebut.
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 18 Februari 2014  |  22:14 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Peran luar Jawa terhadap pertumbuhan ekonomi terancam menyusut dalam jangka pendek akibat penerapan UU Pertambangan Mineral dan Batubara yang memperlambat ekspor wilayah tersebut.

Hasil asesmen Bank Indonesia menyebutkan memasuki kuartal I/2014 perbaikan ekspor memang terindikasi terjadi di seluruh daerah untuk produk perkebunan dan manufaktur, tetapi tidak pada tambang mineral yang selama ini menjadi andalan kawasan timur Indonesia (KTI).

“Ekspor KTI terindikasi melambat karena penyesuaian terhadap implementasi kebijakan pengaturan ekspor mineral,” kata Direktur Kepala Grup Neraca Pembayaran Departemen Statistik Ekonomi dan Moneter BI Doddy Zulverdi, Selasa (18/2/2014). 

Tidak hanya karena pelarangan ekspor mineral, perlambatan pertumbuhan terjadi karena kenaikan inflasi, penurunan keyakinan konsumen, siklus awal tahun anggaran yang cenderung terbatas dan depresiasi nilai tukar di Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Pada saat yang sama, investasi smelter dan proyek infrastruktur Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) melambat di Sulawesi, Maluku dan Papua.

Data Badan Pusat Statistik menyebutkan persoalan klasik berupa ketimpangan Jawa dan luar Jawa masih berlangsung. Peran Jawa dan Sumatra masih dominan terhadap produk domestik bruto kuartal IV/2013, yakni masing-masing 57,78% dan 23,83%.

Pertumbuhan ekonomi di luar Jawa pun lebih banyak digerakkan oleh sektor primer dengan nilai tambah rendah. Luar Jawa menguasai 73,8% sektor primer di Tanah Air, sedangkan Jawa 26,2%. Sebaliknya, Jawa menguasai sektor sekunder dan tersier. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pertumbuhan Ekonomi luar jawa ekspor mineral
Editor : Sepudin Zuhri
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top