Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KA Kamandaka Semarang-Purwokerto Beroperasi

PT Kereta Api Indonesia (persero) secara resmi meluncurkan kereta api ekonomi AC Kamandaka untuk melayani jalur Semarang-Purwokerto dan sebaliknya.
Ana Noviani
Ana Noviani - Bisnis.com 17 Februari 2014  |  12:50 WIB
Kereta - Bisnis.com
Kereta - Bisnis.com

Bisnis.com, PURWOKERTO - PT Kereta Api Indonesia (persero) secara resmi meluncurkan kereta api ekonomi AC Kamandaka untuk melayani jalur Semarang-Purwokerto dan sebaliknya.

Direktur Komersial KAI Sulistyo Wimbo Hardjito mengatakan pengoperasian KA Kamandaka seiring banyaknya permintaan penumpang dan gencarnya KAI dalam mengaktifkan kembali perjalanan KA yang sebelumnya nonaktif.

"Dengan beroperaasinya kereta api Semarang-Solo dan Semarang-Purwokerto, Jateng sekarang punya loops line. Kami mohon dukungan karena saat ini penumpang makin banyak dan kami harap KA Kamandaka lebih baik dan cocok dengan lapisan masyarakat," ujarnya, Senin (17/2/2014).

Dengan dioperasikannya KA Kamandaka, lanjutnya, KAI turut mengaktifkan kembali pelayanan angkutan penumpang di jalur Purwokerto-Semarang sepanjang 245 Km via Slawi-Tegal dengan waktu tempuh sekitar 4 jam 50 menit. Adapun, kecepatan kereta diproyeksi mencapai 50 km/jam.

"Sekarang masyarakat yang ingin bepergian dari Purwokerto ke Semarang atau sebaliknya punya pilihan moda transportasi yang lebih aman dan nyaman dengan waktu tempuh yang relatif lebih cepat dibandingkan moda transportasi jalan raya," ujarnya.

KA Kamandaka terdiri dari 7 rangkaian gerbong penumpang dan satu gerbong kereta makan dan pembangkit (KMP3). Kereta ini berkapasitas 742 tempat duduk.

Adapun, keberangkatan KA Kamandaka dari Stasiun Purwokerto dijadwalkan pada pukul 05.00 WIB, untuk tiba di Stasiun Tegal pada 07.24 WIB, dan Stasiun Semarang Tawang pada 10.11 WIB.

Jalur sebaliknya, KA Kamandaka dijadwalkan berangkat dari Stasiun Semarang Tawang pada pukul 16.15 WIB untuk tiba di Stasiun Tegal pada 18.37 WIB dan Stasiun Purwokerto pada 20.50 WIB.

"KA Kamandaka akan berhenti di Stasiun Bumiayu, Slawi, Tegal, Pemalang, Pekalongan, dan Semarang Poncol," imbuh Wimbo.

Tarif yang diterapkan bersifat progresif disesuaikan dengan jarak yang ditempuh. Untuk jarak 0-50 km (Purwokerto-Bumiayu) tarifnya Rp20.000, 51-90 km (Purwokerto-Slawi) Rp30.000, 91-150 km (Purwokerto-Tegal) Rp50.000, dan 151-250 Km (Purwokerto-Pekalongan dan Purwokerto-Semarang) Rp70.000.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengaku senang dengan reaktivasi rute yang dilakukaan oleh KAI. Peningkatan jalur kereta api di Jateng diyakini dapat menjadi solusi mobilitas warga dan arus angkutan barang.

"Saya senang lihat sejarah lama yang dibangkitkan. Kita sadar jalan raya makin terbatas, kereta ini lebih cepat, sekali jalan bisa mengangkut banyak, jadi bisa mempermudah evakuasi massa dari tempat ke tempat," ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

KA Kamandaka
Editor : Sepudin Zuhri

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top