Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

YDBA Tingkatkan Kapasitas UKM Mitra

Yayasan Dharma Bhakti Astra pada program kerja 2014 fokus melaksanakan peningkatan kapasitas sumber daya manusia pelaku usaha kecil dan menengah selaku mitranya untuk menghasilkan kinerja lebih optimal.
 Aktivitas UKM/Antara
Aktivitas UKM/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Yayasan Dharma Bhakti  Astra pada program kerja 2014 fokus melaksanakan peningkatan kapasitas sumber daya manusia pelaku usaha kecil dan menengah selaku mitranya  untuk menghasilkan kinerja lebih optimal.

Tercatat ada 14 kegiatan yang seluruhnya menjadi bagian dari upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) seluruh mitra Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA). Mereka secara umum adalah UKM  berstatus subkontraktor komponen industri otomotif.

FX Sri Martono, Ketua Pengurus YDBA , menjelaskan, setidaknya ada 14 poin yang diusung untuk melaksanakan kegiatan pendukung peningkatan SDM. Dan semuanya mengarah pada peningkatan berbagai kompetensi yang harus dimiliki subkon atau subkontraktor berpredikat UKM.

”Misalnya, meningkatkan pola pikir (mind set) tentang cara bekerja yang efiektif dan efisien melalui kerja sama organisasi. Berikutnya memahami tentang mentalitas survival,” katanya kepada Bisnis, Rabu (12/2).

Masih banyak hal yang akan diberikan kepada SDM mitra kerjanya, yakni memahami dan konsisten terhadap implementasi  siklus plan, do, check, action (PDCA) saat bekerja. Kemudian untuk memahami pentingnya manajemen berdasarkan fakta dan data.

Materi tersebut untuk kekutan mentalitas dasar bagi karyawan untuk semua levek pekerjaan. Ada juga program meningkatkan manajerial UKM yang dipersiapkan untuk mengmbil keputusan unit bisnis. Manfaat program ini untuk menciptakan suasana lega atau keleluasaan bekerja.

Selain itu untuk kebebasan bergerak tanpa terhalang berbagai barang yang tidak berguna untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman. Berikutnya, untuk efisiensi tempat kerja sehingga bisa dengan cepat mengetahui bila ada penyimpangan.

Gelombang pertama telah dilaksanakan pada Januari 2014 demean tema utama mentalitas dasar karyawan subkontraktor, Pada bulan sama juga telah dilaksanakan pelatihn sama untuk pengelolan manjemen bisnis.

”Tiga kegiatan bagi peningkatan kapasitas seluruh unit kerja akan dilakukan pada Februari 2014 dengan fokus kegiatan untuk meningkatkan  manajemen suvervisi, quality control circle, dan total productive maintenance,” tutur Sri Martono.

YDBA sangat berkepentingan dengan pelatihan kepada mitra atau UKM subkon tersebut, karena seluruhnya merupakan pendukung atau penyuplai berbagai komponen industri otomotif Grup Astra, dan seluruh komponen itu harus memenuhi standar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper