Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penutupan Pintu M1 Ditunda Lagi, Baru Mulai Besok (7/1)

Penutupan akses ke Bandara Soekarno Hatta melalui pintu M1 baru akan dilakukan mulai Selasa (7/1/2014), molor lagi dari jadwal semula.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Penutupan akses ke Bandara Soekarno Hatta melalui pintu M1 baru akan dilakukan mulai Selasa (7/1/2014), molor lagi dari jadwal semula.

General Affairs Manager PT Angkasa Pura II Yudis Setiawan mengatakan penundaan pengalihan ini terkait dengan dampak kepadatan arus lalu-lintas di jalur alternatif.

"Ditunda saja, besok baru mulai dialihkan mulai pukul 09.00 sampai 14.00 [WIB]," katanya, Senin (6/1/2014).

Penundaan itu, katanya, setelah terjadi pertemuan dengan Pemerintah Kota Tangerang dan pihak terkait lainnya.

Jika sesuai rencana, penutupan pintu M1 dilakukan hari ini, Senin (6/1/2014), dalam rangka pembangunan rel kereta bandara dan memberi keamanan dalam kawasan bandara.

Rencana penutupan akses melalui pintu ini pernah ditunda beberapa kali. Manajemen AP II sebelumnya berencana menutup pintu M1 pada awal Januari tahun tahun lalu, kemudian mundur ke Juli, mundur lagi ke Desember, dan terakhir 6 Januari.

Pengenalan jalur alternatif sudah dimulai 26 Desember 2013. Pekan lalu, GM AP II Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta Bram Bharoto Tjiptadi mengklaim masyarakat sudah mulai mengenal rute melalui Jalan Perimeter Utara dan Perimeter Selatan.

Dua jalan tersebut dibangun AP II untuk mengalihkan lalu lintas Tangerang – Bandara Soekarno-Hatta dan sebaliknya yang melalui Pintu M1.

Terkait penolakan beberapa kelompok masyarakat atas penutupan itu, Yudis mengaku pihak bandara sudah melakukan sosialisasi dan mementingkan keselamatan pelintas.

"Dari hasil survei kami, 60% orang yang lewat di pintu M1 itu hanya numpang lewat atau pelintas. Jadi mereka tetap bisa melintas, hanya dialihkan," jelasnya.

Pengembangan bandara, katanya, sudah tidak bisa lagi ditunda dengan semakin padatnya lalu lintas udara di bandara tersibuk di Tanah Air itu. Pasalnya, kepadatan di Cengkareng berpengaruh signifikan terhadap penerbangan di bandara lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper