Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Alasan Karyawan Bus AKAP Tolak Relokasi dari Terminal Lebak Bulus

Koperasi Karyawan Bus Antar Kota dan Antar Provinsi Lebak Bulus menolak relokasi bus AKAP dari Terminal Lebak Bulus yang akan dimulai Selasa (7/1/2014)
  Bus AKAP mulai Selasa (7/1/2014) direlokasi dari terminal Lebak Bulus
Bus AKAP mulai Selasa (7/1/2014) direlokasi dari terminal Lebak Bulus

Bisnis.com, JAKARTA  - Koperasi Karyawan Bus Antar Kota dan Antar Provinsi Lebak Bulus menolak relokasi bus AKAP dari Terminal Lebak Bulus.

Ketua Koperasi Karyawan Bus AKAP Lebak Bulus Sumardi menyayangkan kebijakan Pemprov DKI untuk menutup terminal Lebak Bulus bagi bus AKAP.

Para karyawan bus AKAP menginginkan relokasi bus AKAP masih di wilayah Jakarta Selatan, mengingat banyak penumpang yang berasal dari Jakarta Selatan dan Tangerang Selatan yang membutuhkan bus AKAP. 

“Walaupun Terminal Lebak Bulus ditutup, kami [bus AKAP] tetap melayani masyarakat yang ingin menggunakan bus di Lebak Bulus,” katanya, Minggu (5/1/2014)

Dia menambahkan, banyak karyawan bus AKAP yang bertempat tinggal di sekitar Jakarta Selatan sehingga apabila dilakukan pemindahan akan terlalu jauh dari tempat tinggal karyawan.

Sumardi dan karyawan bus AKAP tetap mendukung pembangunan Depo Mass Rapid Transit (MRT) di area Lebak Bulus. “Kami tidak menolak MRT, namun kami ingin relokasi tetap di daerah Jakarta Selatan,” jelasnya. 

Dia menyayangkan Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama sebagai pemimpin DKI Jakarta yang tidak memberikan solusi dan turun langsung ke Terminal Lebak Bulus. “Ada 1.000 orang akan kehilangan pekerjaan atas relokasi ini,” tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Terminal Bus AKAP Lebak Bulus Adjmain mengatakan sudah melakukan sosialisasi terkait penutupan Lebak Bulus untuk bus AKAP dan sudah ada solusi untuk memindahkan bus ke beberapa terminal di Jakarta. “Mulai tanggal 7 Januari tidak ada lagi AKAP di Terminal Lebak Bulus,” katanya.

Di Terminal Lebak Bulus terdapat 80 perusahaan Otobus dengan sekitar 200 unit bus yang beroperasi. Bus AKAP tujuan Banten dan Sumatera akan dipindahkan ke Terminal Kalideres. Bus tujuan Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta akan dipindahkan ke Terminal Kampung Rambutan, sedangkan, bus tujuan Bali dan Nusa Tenggara akan dipindahkan ke Terminal Pulogadung.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga berencana untuk mengurangi trafik bus di Pulogadung dengan merelokasi ke Terminal Pulogebang setelah Depo MRT selesai di bangun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Setyardi Widodo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper