Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Gas Elpiji 12 Kg Naik, Wapres Panggil Beberapa Menteri

Wakil Presiden Boediono mendadak memanggil sejumlah menteri dan pejabat terkait perekonomian untuk rapat membahas kenaikan harga elpiji non-subsidi tabung 12 kilogram yang dalam beberapa hari meresahkan masyarakat.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden Boediono mendadak memanggil sejumlah menteri dan pejabat terkait perekonomian untuk rapat membahas kenaikan harga elpiji non-subsidi tabung 12 kilogram yang dalam beberapa hari meresahkan masyarakat.

Sumber di Istana Wapres mengatakan Boediono akan memanggil para menteri dan pejabat di Istana Wapres pada pukul 14.00 WIB. Setelah rapat selesai menurut rencana akan dilakukan jumpa pers.

Belum diketahui menteri dan pejabat siapa yang akan dipanggil Boediono.PT Pertamina (Persero) per 1 Januari 2014 menaikkan harga elpiji non-subsidi tabung 12 kg sebesar 68%.

Wakil Presiden Komunikasi Perusahaan Pertamina Ali Mundakir, mengatakan, kenaikan harga itu dilakukan untuk menekan kerugian bisnis elpiji 12 kg yang rata-rata Rp6 triliun per tahun.

"Terhitung mulai 1 Januari 2014 pukul 00.00 , Pertamina memberlakukan harga baru elpiji nonsubsidi 12 kg secara serentak di seluruh Indonesia dengan rata-rata kenaikan di tingkat konsumen sebesar Rp3.959 per kg," katanya.

Menurut Ali, besaran kenaikan di tingkat konsumen itu akan bervariasi berdasarkan jarak stasiun elpiji ke titik serah (supply point).

Dengan kenaikan Rp3.959 per kg tersebut, maka per tabung elpiji 12 kg kenaikan harganya mencapai Rp47.508.

Sebelum kenaikan, harga elpiji 12 kg adalah Rp5.850 per kg atau Rp70.200 per tabung yang berlaku sejak 2009. Dengan demikian, harga elpiji 12 kg akan menjadi Rp117.708 per tabung.(antara/yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper