Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perang Gimmick Properti di Akhir Tahun Makin Menggila

Berbagai strategi pemasaran properti dengan gimmick-gimmick menarik menjelang akhir tahun terus ditawarkan. Merasa tertarik?
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Berbagai strategi pemasaran properti dengan gimmick-gimmick menarik menjelang akhir tahun terus ditawarkan. Merasa tertarik?

Head of Research Coldwell Banker Commercial Meyriana Kesuma menuturkan penawaran properti dengan iming-iming perolehan diskon maupun bonus kerap dilakukan oleh pengembang saat memasuki kuartal terakhir.

“Menjelang akhir tahun, gimmicknya menjadi lebih kencang. Start pada Oktober dan promo terus berlangsung hingga akhir tahun. Miripmirip dengan cuci gudang lah,” katanya, Kamis (26/12).

Dia melanjutkan penawaran yang paling banyak diberikan umumnya terkait dengan gratis biaya wisata, karena akhir Desember merupakan waktu yang paling tepat untuk berlibur.

“Membeli apartemen mendapatkan gratis holiday. Dari pada uang langsung dihabiskan untuk biaya liburan, lebih baik untuk membeli rumah. Dapat rumah, dapat juga gratis liburan. Lebih banyak diskon, bonus yang lebih besar, atau hadiahhadiah yang diberikan,” imbuhnya.

Menurut Meyriana, strategi pemasaran seperti ini biasanya cukup efektif menjaring pembeli dan terus di tawarkan hingga memasuki Januari pada tahun berikutnya.

GM Marketing Paramount Land Nawawi mengungkapkan promo akhir tahun dilakukan dua tahap, yakni saat menyambut perayaan Natal (5–25 Desember) dan perayaan Tahun Baru (Desember 2013–10 Januari 2014).

“Tujuannya adalah brand image kepada masyarakat. Akhir tahun kami lakukan promosi, dan ini baru pertama kali dilakukan. Kami melihat sepanjang 2013 animo masyarakat terhadap produk dari Paramount sangat besar,” paparnya, Minggu (29/12/2013).

Menurutnya, upaya yang dilakukan sejauh ini menghasilkan penjualan yang cukup baik. Masyarakat yang memperoleh bonus akhir tahun atau keluarga yang mempersiapkan hadiah Natal dan Tahun Baru, dapat memanfaatkan uangnya untuk membeli hunian baru.

“Dengan membeli rumah baru, di Tahun Baru dapat mempunyai suasana yang baru. Terlebih lagi, unitunit yang disiapkan merupakan unit yang bisa langsung ditempati,” ungkapnya. Khusus untuk promo, pihaknya hanya melakukan penjualan pada unit-unit yang sudah ready stock dan beberapa unit dari pembatalan pembelian. “Jumlahnya limited. Untuk rumah hanya 25 unit, dan time square [semacam home office] sebanyak 10 unit. Untuk pembelian unit tersebut, akan kami berikan benefit.”

Adapun, beragam paket hadiah Natal dan Tahun Baru yang disiapkan adalah fasilitas tambahan seperti AC, solar water heater, dan pelindung kendaraan. Tak selesai di situ, Paramount juga memberikan bonus perjalanan wisata ke Korea Selatan selama musim salju.

Promo serupa juga tampak pada penawaran unit apartemen di Bogor Icon. Pada spanduk yang terpasang di berbagai area kawasan Bogor, promo gratis liburan ini diberikan kepada konsumen yang melakukan pembelian unit apartemen selama periode 1–31 Desember.

Dalam penjualan perumahan di Citra Indah Cibubur, ditawarkan harga yang sangat menarik perhatian yakni Rp237 juta untuk satu unit rumah. Calon pembeli ditawarkan berbagai peluang memperoleh hadiah langsung dan berbagai diskon yang menarik, sebagai promosi akhir tahun.

Hal yang sama juga dilakukan oleh PT Megapolitan Development Tbk. sepanjang bulan ini. Menurut Sekretaris Perusahaan Fanny F. Susanto, penjualan rumah cukup terhambat sejak peraturan mengenai kredit pemilikan rumah dibatasi oleh Bank Indonesia.

“Dengan adanya promo, Alhamdulillah. Cukup efektif memacu pembelian dari orang-orang yang sebelumnya menahan,” ungkapnya.

Untuk mendongkrak penjualan pada akhir tahun, pihaknya mempersiapkan berbagai hadiah langsung serta tur wisata ke Singapura dan Denpasar. Fanny berharap target
penjualan tahun ini dapat dicapai dan perusahaan memperoleh hasil yang maksimal.

Tidak kalah menarik, calon pembeli dirayu dengan peluang mendapatkan grand prize berupa mobil serta gratis liburan ke Singapura selama 3 hari 2 malam, melalui pembelian unit apartemen di Paragon Square, di Tangerang.

Pola penawaran lainnya juga tampak di berbagai papan iklan yang terpasang di pinggir-pinggir jalan. Banyak pengembang yang mencoba memancing pembeli dengan memberikan pembebasan biaya pengurusan adminsitrasi atau perolehan peningkatan harga dalam waktu singkat. Kondisi ini membuat berbagai kalangan mencoba mencari peruntungan, termasuk pada sektor properti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatia Qanitat
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper