Tambang Pasir Besi Kulonprogo Pengaruhi Kesuburan Lahan

Pertambangan pasir besi di sepanjang lahan pasir Kulonprogo diduga akan mengubah tingkat kesuburan lahan walaupun dilakukan reklamasi setelah pengambilan kandungan besi di dalamnya.
Anugerah Perkasa
Anugerah Perkasa - Bisnis.com 13 Desember 2013  |  14:28 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Pertambangan pasir besi di sepanjang lahan pasir Kulonprogo diduga akan mengubah tingkat kesuburan lahan walaupun dilakukan reklamasi setelah pengambilan kandungan besi di dalamnya.

Keterangan resmi PT Jogja Magasa Iron (JMI) menyatakan bahwa lahan untuk pertanian justru akan lebih subur ketika kandungan besinya diambil dari pasir.   PT JMI memiliki izin untuk menambang pasir besi di kawasan pesisir Kulonprogo namun hingga kini masih mendapatkan perlawanan dari petani. 

Koordinator Divisi Perempuan dan Tambang Jaringan Advokasi Tambang (Jatam) Siti Maemunah mengatakan lahan di sepanjang pesisir Kulonprogo selama ini sudah subur dengan adanya tanaman yang dihasilkan dari para petani.

"Lahan pesisir sudah subur dengan adanya pengolahan yang dilakukan oleh para petani. Kandungan besi yang akan diambil, tidak bisa disamakan dengan mengambil penyakit, sehingga lahan bisa tumbuh lebih subur," ujarnya.

Upaya perlawanan  terhadap rencana pertambangan pasir besi hingga kini masih dilakukan oleh Paguyuban Petani Lahan Pantai (PPLP). Menurut PPLP, para petani di lahan tersebut memilih untuk bertani dibandingkan menerima pertambangan pasir besi.
 
Sektor pertanian di Kulonprogo memberikan kontribusi besar terhadap ekonomi di wilayah tersebut. Sejumlah tanaman yang diproduksi dari petani di sana adalah tanaman pangan, sayur dan buah-buahan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bandara kulonprogo, tambang pasir besi

Editor : Martin Sihombing
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top