Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelabuhan Ciwandan Mampu Tangani 5 Juta Ton Kargo

Pelabuhan Ciwandan di Kota Cilegon Provinsi Banten kini mampu menampung 5 juta ton barang muatan atau cargo menyusul pengoperasian dermaga 005 yang baru selesai dibangun pada awal Desember ini oleh Indonesia Port Corperation (IPC) atau Pelindo II.

Bisnis.com, CILEGON - Pelabuhan Ciwandan di Kota Cilegon Provinsi Banten kini mampu menampung 5 juta ton barang muatan atau cargo menyusul pengoperasian dermaga 005 yang baru selesai dibangun pada awal Desember ini oleh Indonesia Port Corperation (IPC) atau Pelindo II.

Banten Agung Fitrianto, General Manager Pelabuhan Ciwandan, menjelaskan, dermaga yang pembangunannya dimulai pada 2012 memiliki dua sisi yang mampu disandari oleh kapal secara bersamaan. Secara fisik, katanya, dermaga itu memiliki panjang 300 meter. Namun dengan dioperasikan keduasisi dermaga maka optimaliasi dermaga itu dapat beroperasi sepanjang 600 meter. 

Dengan tambahan panjang dermaga itu, sambungnya, apabila tingkat rasio penggunaan dermaga 50%, maka satu sisi dermaga dapat digunakan 35 kapal per tahunnya. Dengan dua sisi darmaga maka dermaga 005 dapat digunakan 70 kapal per tahun.

"Apabila rata-rata kapal yang datang 70 ribu ton maka dermaga baru ini dapat mengakomodir tambahan cargo ini hampir 5 juta ton, dengan posisi rasio dermaga 50%," kata Agung saat peresmian dermaga di Pelabuhan Ciwandan, Banten, Rabu (11/12).

 Dermaga yang peruntukannya digunakan untuk kegiatan bongkar muat barang curah kering memiliki kedalaman 16 meter dan dapat disandari kapal dengan bobot mati 100 ribu DWT pada setiap sisi panjang dengan kapasitas bollard sebesar 150 ton.

Saat ini, Pelabuhan Ciwandan memiliki 7 unit dermaga dengan panjang total dermaga mencapai 1.272 meter. Selain itu, pelabuhan itu juga telah dilengkapi beberapa fasilitas penunjang seperti harbour mobile crane, exavator, wheel loader, dan hopper.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhamad Hilman
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper