Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementerian PU Dorong Reklamasi Pantai Kembangkan Kota Pesisir

Kementerian Pekerjaan Umum berencana mengusulkan seluruh kota pesisir di Indonesia, terutama di Pulau Jawa melakukan reklamasi pantai, sebagai bagian pengembangan daerah pesisir

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum berencana mengusulkan seluruh kota pesisir di Indonesia, terutama di Pulau Jawa melakukan reklamasi pantai, sebagai bagian pengembangan daerah pesisir.

Direktur Penataan Ruang Nasional Ditjen Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum Iman Soedrajat menilai reklamasi pantai merupakan solusi terbaik bagi pengembangan kota pesisir.

“Seluruh kota di Indonesia memang akan kami usulkan untuk seperti itu, khususnya di Pulau Jawa,” katanya saat dihubungi Bisnis, Rabu (11/12/2013).

Saat ini, imbuhnya, area perhutanan dan sawah di Tanah Air sudah terus tergerus, tetapi di sisi lain pengembangan wilayah makin dibutuhkan.

“Tinggal kita dorong saja, reklamasi harus ramah lingkungan. Konversi lahan harus dihentikan,” paparnya.

Menurut Iman, proyek reklamasi pantai sangat menguntungkan, mengingat nilai proyek yang besar dan pertumbuhan perkembangan daerah yang potensial.

Apalagi di kota-kota besar yang memang membutuhkan area baru untuk pengembangan daerah baik dari segi komersil dan sosial, seperti Jakarta, Makassar, dan Semarang.

“Bisa kita rangsang semuanya dengan skema-skema insentif bagi investor yang dapat disusun oleh pemerintah daerah,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper