Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Siapkan Lahan di Plaju untuk Industri Petrokimia

PT Pertamina menyiapkan lahan seluas 450 hektare di Plaju, Sumatra Selatan untuk membangun komplek petrokimia dengan kapasitas mencapai 1 juta metrik ton naphtha per tahun.

Bisnis.com, JAKARTA—PT Pertamina (Persero) menyiapkan lahan seluas 450 hektare di Plaju Sumatra Selatan untuk membangun komplek petrokimia dengan kapasitas mencapai 1 juta metrik ton naphtha per tahun.

Chrisna Damayanto, Direktur Pengolahan Pertamina, mengatakan pihaknya telah memiliki opsi pembangunan komplek petrokimia di Plaju. Lahan seluas 450 hektare tersebut merupakan milik Pertamina, sehingga pihaknya tidak perlu melakukan pembebasan lahan.

“Sementara lokasinya di Plaju, Sumatra Selatan. Itu equity kami, lahan milik kami dan sudah tersedia,” katanya di Jakarta, Selasa (10/12).

Chrisna menuturkan dengan dibangunnya komplek petrokimia, perseroan berharap mampu menguasai 30% pasar petrokimia di dalam negeri. Pada 2018, Pertamina memperkirakan pasar petrokimia di dalam negeri mencapai US$30 miliar.

Saat ini, produksi petrokimia di dalam negeri belum dapat memenuhi kebutuhan nasional, sehingga masih harus mengimpor dengan nilai sekitar US$5 miliar per tahun.

Komplek itu sendiri akan dibangun oleh perusahaan yang dibentuk oleh Pertamina dan PTT Global Chemical Company Ltd (PTT GC) dengan investasi mencapai US$5 miliar. Keduanya akan berbagi kepemilikan 51% untuk Pertamina dan 49% untuk PTT GC, dengan opsi masing-masing masih dapat mencari mitra baru untuk kepemilikan sahamnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper