Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengguna KRL Kini Bisa Pakai Kartu Flazz BCA

PT KAI Commuter Jabodetabek bekerja sama dengan BCA mengimplementasikan penggunaan kartu Flazz BCA sebagai salah satu alat transaksi untuk melakukan perjalanan KRL mulai hari in.
Muhamad Hilman
Muhamad Hilman - Bisnis.com 08 Desember 2013  |  10:51 WIB
Pengguna KRL Kini Bisa Pakai Kartu Flazz BCA
/Bisnis
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) bekerja sama dengan PT Bank Central Asia mengimplementasikan penggunaan kartu Flazz BCA sebagai salah satu alat transaksi untuk melakukan perjalanan KRL mulai hari ini, Minggu (8/12/2013). 

Direktur Utama PT KCJ Tri Handoyo mengatakan pada dasarnya ketentuan yang diberlakukan pada kartu Flazz tidak berbeda dengan kartu multitrip (KMT). 

"Untuk dapat melakukan perjalanan KRL, pengguna jasa harus memiliki saldo minimal Rp7.000, selanjutnya besaran penalti Rp7.000, dan suplisi Rp50.000 juga akan diberlakukan pada pengguna jasa yang memakai kartu Flazz BCA jika ada pelanggaran yang dilakukan saat menggunakan jasa KRL," ujarnya, Minggu (8/12/2013). 

Menurutnbya, perbedaan signifikan antara KMT dan Flazz BCA hanya terdapat pada cara pengisian saldo. Untuk melakukan isi ulang, pengguna jasa kartu Flazz BCA tidak dapat melakukan isi ulang di loket stasiun Jabodetabek, melainkan pada ATM non-tunai BCA serta merchant bertanda Flazz Isi Ulang. 

Dia menjelaskan, sejak e-ticketing dan tarif progresif diterapkan secara menyeluruh pada 1 Juli 2013, pengguna jasa dapat memilih penggunaan tiket harian berjamin (THB) untuk satu kali perjalanan atau KMT untuk berlangganan.

Saat ini, sekitar 55% pengguna jasa telah menggunakan KMT. Diharapkan, dengan hadirnya Flazz BCA dapat meningkatkan jumlah transaksi tanpa uang tunai. 

Tri menambahkan, untuk meningkatkan pelayanan kerja sama dengan sejumlah bank akan terus dikembangkan. Dengan transaksi non tunai itu, katanya, diharapkan transaksi perjalanan KRL menjadi semakin mudah, cepat, praktis dan nyaman 
"Serta memperkecil resiko yang mungkin terjadi pada penggunaan uang tunai," ujarnya. 

Ke depan, sambungnya, pihaknya juga berharap semakin banyak pengguna jasa yang menggunakan kartu KMT ataupun Flazz BCA. Selain akan memudahkan, katanya, penggunaan kartu berlangganaan juga menjadikan perjalan KRL lebih praktis karena pengguna jasa tidak perlu lagi mengantre di loket. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

krl
Editor :
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top