Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina-ExxonMobil Tuntaskan Hak Partisipasi di Irak

PT Pertamina Irak Eksplorasi Produksi, anak perusahaan PT Pertamina (Persero), menuntaskan kesepakatan penjualan aset (asset sales agreement/ASA) dengan ExxonMobil Iraq Limited untuk 10% hak partisipasi di West Qurna I, Irak.

Bisnis.com, JAKARTA--PT Pertamina Irak Eksplorasi Produksi, anak perusahaan PT Pertamina (Persero),  menuntaskan kesepakatan penjualan aset (asset sales agreement/ASA) dengan ExxonMobil Iraq Limited untuk 10% hak partisipasi di West Qurna I, Irak.

Pemindahan hak partisipasi tersebut telah disetujui oleh South Oil Company, Oil Exploration Company Iraq dan Shell West Qurna B.V, sebagai anggota konsorsium kontraktor West Qurna I.  Dengan kesepakatan tersebut, ExxonMobil tetap sebagai kontraktor utama dengan menguasai 25% hak partisipasi di West Qurna I.

Akuisisi ini memberikan kesempatan yang menarik bagi Pertamina untuk memperkuat kompetensi dan pengalamannya dari usaha di luar negeri. Partisipasi Pertamina di konsorsium kontraktor West Qurna I merupakan batu loncatan untuk mencapai visi perusahaan menjadi perusahaan energi kelas dunia.

Dirut  Pertamina Karen Agustiawan menyebutkan  aksi korporasi tersebut  merupakan tonggak strategis bagi Pertamina dalam memperluas keberadaan bisnisnya di mancanegara, khususnya di Negara dengan sumberdaya minyak dan gas yang melimpah seperti Irak.

"Ekspansi Pertamina ke luar negeri adalah untuk mendukung pemerintah dalam menjaga serta memperkuat ketahanan energi Indonesia yang berkelanjutan," ujarnya seperti termuat dalam laman Pertamina, Minggu (1/30/2013).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper