Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kusnan Rahmin: Cari Bahan Baku, RAPP Tak Mau Gegabah

Perusahaan industri kehutanan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) menyatakan sangat hati-hati dalam memilih bahan baku untuk menjaga komitmen dalam menghasilkan produk bubur kertas (pulp) dan kertas dari hutan yang dikelola berkelanjutan dan lestari.
Dirut RAPP Kusnan Rahmin (kedua dari kanan) saat menjelaskan soal RAPP
Dirut RAPP Kusnan Rahmin (kedua dari kanan) saat menjelaskan soal RAPP

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan industri kehutanan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) menyatakan sangat hati-hati dalam memilih bahan baku untuk menjaga komitmen dalam menghasilkan produk bubur kertas (pulp) dan kertas dari hutan yang dikelola berkelanjutan dan lestari.

"Kami memiliki komitmen untuk selalu menerapkan pengelolaan hutan berkelanjutan," kata Presdir Direktur RAPP Kusnan Rahmin dalam keterangan pers di Pekanbaru, Kamis (28/11/2013).

Ia mengatakan perusahaan telah mengantongi sertifikat Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (PHPL) dan Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) dan bagi hutan tanaman yang dikelolanya sejak 2010.

"Kedua sertifikasi ini membuktikan kayu yang bersumber dari hutan tanaman dalam pengelolaan RAPP bukan hanya sah atau legal. Namun kayu ini juga berasal dari hutan tanaman yang dikelola secara lestari," katanya.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian MS Hidayat pada 26 November lalu mengganjar penghargaan Industri Hijau kepada RAPP. Menurut Kusnan, penghargaan industri Hijau 2013 dari pemerintah membuktikan posisi RAPP sebagai perusahaan dengan proses produksi efisien.

"RAPP juga telah mengikuti prosedur baku yang diwajibkan dalam peraturan termasuk audit energi, penerapan teknologi proses, produk, pengelolaan limbah dan emisi, pengelolaan lingkungan, dan sertifikasi," ujarnya.

Kusnan mengatakan pihaknya juga berinvestasi hingga 2,3 juta dollar AS untuk pembangunan pabrik Bio Methanol untuk mendukung pengelolaan energi bersih.

Menurut dia, konsumen saat ini juga makin cerdas dalam memilih produk kertas yang ramah lingkungan. Untuk menjamin itu, lanjutnya, RAPP menyatakan sudah memiliki berbagai sertifikasi untuk pulp dan kertas.

Sertifikasi tersebut di antaranya Timber Origin and Legality (OLB), SVLK, Ekolabel, Hong Kong Green Label Scheme, ISO 9001, ISO 14001 dan SNI untuk kertas cetak A dan multiguna "RAPP merupakan salah satu pabrik pulp dan kertas terbesar di dunia yang menerapkan teknologi terkini namun tetap berkomitmen terhadap prinsip-prinsip keberlanjutan dalam pengelolaan industri, lingkungan dan hutan bernilai konservasi tinggi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper