Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kerja Sama Indonesia-Belanda: Indonesia Andalkan Produk UKM

Indonesia mengandalkan produk UKM dalam kerja sama perdagangan dengan Belanda.

Bisnis.com, JAKARTA--Indonesia mengandalkan produk UKM dalam kerja sama perdagangan dengan Belanda.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan produk UKM yang diandalkan antara lain tekstil, dekorasi rumah, serta bahan baku makanan.

"Untuk mengembangkan daya saing produk tersebut, pemerintah Belanda tidak hanya fokus membantu dalam peningkatan kapasitas produsen melalui Export Coaching Program, tetapi penciptaan lingkungan yang kondusif," kata Gita dalam acara penandatanganan Nota Kesepahaman Indonesia-Belanda, Kamis (21/11/2013).

Dia menambahkan upaya tersebut didukung dengan diseminasi informasi mengenai akses pasar dan ketentuan impor di negara-negara Eropa melalui seminar atau workshop bagi seluruh pemangku kepentingan.

Pelatihan tersebut, lanjutnya, dalam bentuk pembekalan kepada UKM mengenai proses produksi yang baik, khususnya untuk negara tujuan ekspor Eropa. Kemudian analisis pasar dan riset pasar peningkatan pembangunan kapasitas untuk para pelaku UKM.

Nantinya, akan ada tenaga ahli dari Belanda yang secara regular memberikan pembekalan kepada UKM yang sudah siap ekspor.

"Kami rencanakan sekitar 30 pelaku UKM per tahun yang diberikan program pelatihan. Program ini akan diintegrasikan dalam kegiatan BBPPEI [Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia]," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper