Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Meski Ada Pemilu, Prospek Ekonomi 2014 Diyakini Tetap Cerah

Kondisi makro ekonomi Indonesia pada 2014 diprediksi masih cukup cerah. Hajatan politik tahun depan tak bakal berpengaruh signifikan pada perekonomian Indonesia.
/Bisnis
/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Kondisi makro ekonomi Indonesia pada 2014 diprediksi masih cukup cerah. Hajatan politik tahun depan tak bakal berpengaruh signifikan pada perekonomian Indonesia.

Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi mengaku optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia masih bagus.

"Makro ekonomi 2014 masih optimistis, ekonomi kita lebih baik dibandingkan dengan negara lain. Angka 5,5%-6,5% diberikan hampir semua lembaga," katanya di sela-sela acara Market Outlook Perdagangan Berjangka, Rabu (20/11/2013).

Dia menambahkan, dari sisi fundamental Indonesia mempunyai gambaran yang menjanjikan. Dalam catatannya, utang Indonesia terhadap produk domestik bruto relatif kecil, yaitu 27%-28%. Adapun inflasi tahun depan diprediksi 4%-7%, meskipun tahun ini cukup tinggi.

Sementara itu, defisit current account masih dialami Indonesia yang bersumber dari energi. Hal ini, kata Bayu, tampaknya masih akan terjadi defisit. "Masih akan tetap mengalami hal yang sama karena temuan sumur baru terbatas," katanya.

Dia memaparkan, satu-satunya peluang adalah untuk mendiversifikasi energi. Salah satu yang sedang digenjot oleh pemerintah adalah penggunaan bahan bakar gas dan biodiesel, baik untuk kendaraan dan industri.

Menurutnya, demokrasi Indonesia sudah cukup dewasa sehingga pemilu tahun depan tak akan banyak berpengaruh pada ekonomi Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper