Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wirausaha: Temukan Ide Bisnis di Berbagai Tempat

Tidak sedikit masyarakat yang sebetulnya memiliki keinginan untuk memulai bisnis.

Bisnis.com, JAKARTA -- Tidak sedikit masyarakat yang sebetulnya memiliki keinginan untuk memulai bisnis.

Hanya saja, yang sering kali dinilai menjadi masalah, selain permodalan adalah sulitnya menemukan ide bisnis yang akan dijalaninya.
 
Padahal, ide tersebut dapat ditemukan di berbagai tempat, bidangnya pun beragam. Jika kreatif maka dapat menciptakan produk, jika tidak bisa menghasilkan produk, dapat masuk dalam bisnis jasa.

Seperti jasa konsultan, membantu pemasaran, membuat website, menyewakan tempat, dan lainnya.

Pakar Marketing UKM Hermas Puspito menuturkan banyak cara yang dapat dilakukan seseorang untuk menemukan ide bisnis.

Pertama, menggunakan bantuan google. Kedua, mengunjungi toko buku, di sana akan didapatkan banyak buku yang bertema kewirausahaan. Ketiga, mengikuti seminar wirausaha.

Keempat, bergabung dengan komunitas bisnis untuk menambah relasi dan wawasan mengenai bisnis prospektif dikembangkan.

Kelima, sharing dengan pebisnis senior yang dapat dijadikan sebagai mentor untuk memberikan masukan mengenai tren bisnis yang bisa dikembangkan.

Setelah menemukan ide bisnis, jangan lupa dibuat list. Kemudian tentukan mana yang paling berpotensi dan sesuai dengan minat kita.

"Dapat dimulai dari apa yang disukai, atau apa yang paling kita kita kuasai, dan yang dibutuhkan pasar. Jika itu bisa didapatkan, maka akan menjadi bisnis yang mantap.”

Setelah mendapatkan ide bisnis, maka buat perencanaan, tentukan produknya, pasar yang dituju, harga, termasuk menganalisa profit yang akan diambil.

"Untuk awal-awal, kita bisa memulai dengan memberi harga murah, yang penting perbanyak portfolio dan pengalaman meng handle klien,” ujar CEO Ednovate ini.

Untuk permodalan, pebisnis pemula juga tidak perlu khawatir sebab modal tidak melulu berupa uang. Seseorang dapat memulainya dengan menggandeng mitra atau investor.

Begitu pula dalam memproduksi barang atau jasa, dapat dilakukan sendiri atau  melakukan co production dengan menggandeng pihak-pihak lain.

Misalnya, untuk membuat jasa konsultan bisnis, ketika ada klien yang ingin dibuatkan website untuk pemasaran, kita dapat menggandeng orang yang memiliki kemampuan membuat website.

“Mulailah bisnis dari sekarang, tidak perlu menunggu sempurna. Setelah action, baru kita tahu apa kekuarangan-kekuarangan yang harus disempurnakan. Kemudian kembangkan hingga menjadi sukses,” ujarnya.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper