Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemanfaatan Air di Indonesia Hanya Satu Tingkat Lebih Baik dari Ethiopia

Kementerian Pekerjaan Umum mencatat dari total potensi air sebesar 3,9 triliun m3 di Indonesia, baru sekitar 13,8 miliar m3, atau 58 m3 perkapita yang dapat dikelola melalui reservoir.

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum mencatat dari total potensi air sebesar 3,9 triliun m3 di Indonesia, baru sekitar 13,8 miliar m3, atau 58 m3 perkapita yang dapat dikelola melalui reservoir.

Direktur Jenderal SDA Kementerian Pekerjaan Umum Mohamad Hasan mengatakan  angka itu lebih rendah dari Thailand, atau satu tingkat di atas Ethiopia.

“Untuk mengatasi hal tersebut kementerian terus memacu pembangunan waduk di Indonesia," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (11/11/2013).

Selain itu, Indonesia masuk ke dalam 10 negara pengimpor air maya terbesar di dunia dan 10  besar negara dengan tingkat penggundulan hutan terbesar, yakni 1,44 juta hektar.

Berdasarkan kondisi tersebut, Hasan sangat mengharapkan partisipasi masyarakat sangat membantu dalam pengelolaan sumber daya air (SDA), khususnya untuk mengantisipasi banjir dan krisis air.

Dia menyampaikan partisipasi yang dimaksud bisa dalam bentuk individu, kelompok, ataupun peran swasta.

"Oleh karena itu, kita butuh keikutsertaan masyarakat dan swasta, seperti adanya gerakan Ciliwung Bersih,” jelasnya.

Kementerian, lanjutnya, juga melakukan upaya serupa seperti revitalisasi sungai yang telah dilakukan di Saluran BKB (Banjir Kanal Barat), Kaligarang Semarang, dan Restorasi Sungai Cikapundung.  (ra)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper