Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Potensi Usaha Jasa Pendukung Sangat Besar

Presiden Komunitas Tangan Di Atas Fauzi Rachmanto mengatakan usaha yang bergerak di bidang jasa pendukung saat ini sudah semakin berkembang dan memiliki potensi yang sangat besar ke depannya.

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Komunitas Tangan Di Atas Fauzi Rachmanto mengatakan usaha yang bergerak di bidang jasa pendukung saat ini sudah semakin berkembang dan memiliki potensi yang sangat besar ke depannya.

Apalagi, usaha di bidang jasa menurutnya tidak serumit jika harus memproduksi sebuah barang, modal yang  dikeluarkan pun terbilang lebih minim karena tidak memerlukan bahan baku.

“Usaha di bidang jasa pendukung sekarang sudah semakin kuat dan popular. Misalnya, banyak para produsen tidak mengerti cara berinteraksi dan menjaga pasarnya, serta memasarkan produknya, maka kita bisa masuk menawarkan jasa untuk itu,” ujarnya ditemui usai mengisi Seminar Bisnis Cara Mudah Memulai Bisnis, Sabtu (9/10/2013).

Namun, untuk terjun dalam bisnis jasa, pelaku usaha harus memiliki basis pengetahuan yang kuat dan harus selalu mengikuti perkembangan pasar sehingga tidak tertinggal. Selain itu, memiliki disiplin yang kuat dalam mengatur keuangan. Pasalnya, bisnis di bidang jasa tidak seperti menjual produk ritel yang perputaran keuangannya jelas, bisnis jasa biasanya berupa proyek sehingga bisa naik turun.

“Kadang ada waktu dimana kita harus ‘menahan napas panjang’ sehingga perlu disiplin mengatur keuangan,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper