Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 TPA Sampah Diprioritaskan Dapat Pinjaman Bank Dunia

Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum mengusulkan empat Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah untuk masuk ke dalam Green Book atau Daftar Rencana Prioritas Pinjaman Luar Negeri.n
Dimas Novita Sari
Dimas Novita Sari - Bisnis.com 05 November 2013  |  12:46 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum mengusulkan empat Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah untuk masuk ke dalam Green Book atau Daftar Rencana Prioritas Pinjaman Luar Negeri.

Direktur Bina Program Direktorat Jenderal Cipta Karya Antonius Budiono mengatakan keempat TPA tersebut yaitu TPA Kartamantul Provinsi D.I Yogyakarta, TPA Manado, TPA Balikpapan, dan TPA Tangerang.

Dengam masukknya TPA tersebut dalam program Green Book, maka keempatnya akan dibiayai  oleh pinjaman dari Bank Dunia.

“Kesiapan kota penerima program ini perlu dimatangkan dan mendapat masukan dari berbagai pihak dan sekaligus menyiapkan readiness criteria yang diperlukan,” katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (5/11/2013).

Sementara itu, Senior Environmental Engineer World Bank Office Jakarta James Monday menyampaikan siap menggelontorkan US$100 juta yang akan membiayai komponen A selama 6 tahun ke depan.

Komponen A yang dimaksud meliputi kegiatan yang menjadi tanggung jawab pemerintah pusat, yaitu pembangunan dan rehabilitasi TPA, penyediaan alat berat, pembangunan pilot ITF (Intermediate Treatment Facilities), composting plant, dan sorting plant.

Kemudian, kegiatan yang menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi dan kota antara lain penutupan TPA eksisting, menyediakan lahan untuk TPA atau penambahan sel baru, dan memberikan kompensasi kepada pihak yang terkena dampak secara langsung pengelolaan sampah di TPA.

“Oleh karena itu kesiapan merupakan faktor terpenting dalam  menunjang operasional TPA regional tersebut,” jelasnya.

Selain itu, sambungnya, pemda juga harus menyediakan armada pengangkutan sampah dari permukiman sampah di lokasi TPA regional, dan membentuk Project Management Unit (PMU) dan Project Implementation Unit (PIU) yang didanai APBD.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

world bank tpa
Editor :
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top