Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengembangan Petikemas Belawan Ditarget Kelar 2016

Proyek pengembangan dermaga petikemas di Belawan International Container Terminal (BICT), Sumatra Utara, diestimasi bakal rampung pada akhir 2016 dengan masa pengerjaan selama 3 tahun terhitung mulai tahun depan.

Bisnis.com, JAKARTA - Proyek pengembangan dermaga petikemas di Belawan International Container Terminal (BICT), Sumatra Utara, diestimasi bakal rampung pada akhir 2016 dengan masa pengerjaan selama 3 tahun terhitung mulai tahun depan.

Adapun, pengerjaan pengembangan BICT yang meliputi perpanjangan demaga 350 meter, pengadaan alat bongkar muat dan sistem operasional berbasis IT diperkirakan bakal menelan investasi hingga Rp3 triliun.

Pengerjaan proyek pengembangan BICT itu tengah dipersiapkan PT Prima Terminal Petikemas yang merupakan perusahaan patungan 3 BUMN yakni Pelindo I, Hutama Karya serta Wijaya Karya.

Ari Sunaryono, Dirut Prima Terminal Petikemas, mengemukakan pihaknya saat ini tengah melakukan seluruh persiapan pembangunan dan direncanakan pada Januari 2014 pengerjaan sipil proyek pengembangan BICT bakal dimulai.

Menurutnya, secara keseluruhan proyek pengembangan BICT sebenarnya mencapai 700 meter, di mana pengerjaan 350 meter dilakukan oleh Prima Terminal Petikemas dan 350 meter lainnya dikerjakan oleh Kementerian Perhubungan.

"Sementara untuk pengadaan peralatan bongkar muat untuk perpanjangan 700 meter BICT dilakukan semuanya oleh Pelindo I," ucapnya dikutip dari situs resmi perseroan, Jum'at (1/11/2013).

Sunaryono menjelaskan pengembangan dermaga BICT dengan potensi kedalaman hingga 14 LWS yang bakal dilengkapi container crane direncanakan Type Post Panamax dengan jangkauan 13 row sehingga mampu melayani kapal jenis Mother Vessel dan memungkinakan pengiriman komoditas Sumatra langsung ke negara tujuan.

Terkait penyiapan alur pelayaran, kata Sunaryono, saat ini masih sedang dibahas antara Kemenhub dan Pelindo I untuk mendukung pengembangan BICT.

Kepala Humas Pelindo I Eriyansah menambahkan pengembangan dermaga BICT dilakukan seiring dengan pesatnya arus petikemas ke Sumatra Utara melalui Pelabuhan Belawan yang saat ini berkapasitas 1,2 juta TEU's.

Selain melakukan pengembangan BICT, lanjutnya, Pelindo I juga tengah mempersiapkan proyek pembangunan Pabuhan Kuala Tanjung sebagai bagian dari pengembangan Pelabuhan Belawan Medan. "Extentioon program ini akan dilakukan pada 2016-2018, kami nanti menuju Kuala Tanjung,".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper