Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Outlook Ekonomi 2014: Tantangan Luar Biasa buat OJK

Tahun pemilu 2014, jasa keuangan yakni perbankan, asuransi dan pembiayaan paling berdampak.

Bisnis.com, JAKARTA - Kalau bicara usaha pada tahun pemilu 2014 mendatang, berbagai sektor yang mempunyai dampak penting bagi kelancaran produk adalah jasa keuangan yakni perbankan, asuransi dan pembiayaan.

Pemimpin umum harian Bisnis Indonesia Prof. H sukamdani S. Gitosardjono menegaskan hal ini merupakan tantangan bagi lembaga baru Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam rangka menerbitkan regulasi untuk menjaga keseimbangan ekonomi dalam negeri.

Tantangan pengusaha tidak berhenti disitu saja, pada 2015 tantangan kembali muncul saat peristiwa penting memasuki Asean Economic Community (AEC) namun harus optimis.

"Menyikapi sejumlah peristiwa penting pada tahun depan dan tantangan pasar tunggal Asean, kita harus optimistis dan yakin terhadap kemampuan perekonomian kita," kata Sukamdani dalam acara Indonesia Economic Outlook 2014 Tahun Konsolidasi Ekonomi dan Politik, Jelang Pilpres dan Pasar Tunggal ASEAN yang diselenggarakan Bisnis Indonesia di The Ritz - Charlton Mega Kuningan Jakarta hari ini, Kamis (31/10/2013).

Sukamdani menuturkan bahwa beragam tantangan itu sebenarnya bukan hal baru bagi Indonesia yang sudah dua kali mengalami cobaan berat pada 1998 dan 2008. Ketika dicermati, gejolak ekonomi pada 2008 menyerang jasa keuangan dan momennya jelang penyelenggaraan pemilu dan berhasil dikendalikan.

"Pengalaman krisis dan 2008, pelajaran berharga bagaimana harus mengambil sikap pada waktu itu bisa mengatasi. Ini sering tidak kita pahami tapi kebanyakan bangsa kita menyalahkan kebijakan yang diambil pemerintah untuk bisa menyelamatkan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper