Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Len Industri Gandeng Cavium Uji Coba Teknologi 4G LTE

PT Len Industri (Persero) bekerja sama dengan Cavium melakukan uji coba terbatas teknologi 4G long term evolution (LTE).

Bisnis.com, JAKARTA—PT Len Industri (Persero) bekerja sama dengan Cavium melakukan uji coba terbatas teknologi 4G long term evolution (LTE).

Direktur Utama Len Industri Abraham Mose menuturkan sebelumnya perseroan telah mengembangkan produk telekomunikasi Wimax yang diberi nama LenMax.

“Pengembangan terus dilakukan sampai akhirnya Len Industri juga berencana mengembangkan produk LTE yang bekerjasama dengan Cavium ini,” ujarnya dalam siaran pers, Senin (21/10/2013).

LTE merupakan teknologi penerus teknologi 3G. Teknologi 3G saat ini sudah diaplikasikan oleh semua operator selular di Indonesia. Teknologi 4G memiliki peningkatan dari segi kapasitas dan kecepatan transfer data.

Pada ujic oba tersebut, Len Industri dan Cavium melakukan pengujian pada dua band frekuensi, yaitu 700 MHz dan 1800 MHz, sedangkan lebar pita yang digunakan adalah 10 MHz.

Demo ini menggunakan 2 buah eNodeB (700 MHz dan 1800 MHz) berjenis MicroCell indoor dengan radius maksimum 300 m dan kapasitas terbesar saat ini 128 User Equipment (UE), uji coba dilakukan menggunakan 17 UE yang dijalankan secara bersamaan.

Pada saat demo, diperoleh kecepatan download total 70 Mbps dan kecepatan upload total hingga 20 Mbps.

Len Industri berencana akan melakukan produksi enodeB yang bekerjasama dengan Cavium, dan akan menjadi produk 4G LTE Micro Cell (eNodeB) pertama buatan dalam negeri.

“Diharapkan produk ini memenuhi kebutuhan pasar operator 4G LTE, khususnya pasar operator seluler di dalam negeri."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdiyan
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper