Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mentan Minta Tambah 25 Pabrik Gula Untuk Swasembada

Menteri Pertanian Suswono memandang perlu ada tambahan sebanyak 25 pabrik gula (PG) baru guna mewujudkan swasembada gula di Tanah Air.

Bisnis.com, JAKARTA -  Menteri Pertanian Suswono memandang perlu ada tambahan sebanyak 25 pabrik gula (PG) baru guna mewujudkan swasembada gula di Tanah Air.

Menteri Pertanian (Mentan) Suswono mengatakan, saat ini pertumbuhan pabrik gula sangat rendah sehingga berdampak pada produksi gula nasional.

"Tentu saja saya berharap ada 20--25 pabrik gula baru, faktanya berjalan empat tahun, kami bertemu satu pabrik saja," ujarnya di Jakarta, Minggu (20/10/2013) ketika menjelaskan hasil kunjungan kerja ke pabrik gula PT Gendhis Multi Manis (GMM), Blora. Jawa Tengah, sehari sebelumnya (19/10/2013) kepada Antara.

Selain itu, Mentan juga mengunjungi pabrik gula yang baru saja beroperasi di Kabupaten Grobogan Jawa Tengah.

Menurut dia, dengan adanya pabrik yang didirikan berarti ada upaya menanamkan investasi selain itu dapat menyerap tenaga kerja.

Suswono mengatakan bahwa para pelaku usaha pabrik tebu diharapkan dapat menyerap tebu rakyat. "Saya berharap kesadaran pelaku bisnis tumbuh. Jangan hanya menjadi 'trader', mengimpor lalu menjual. Akan Tetapi, bangunlah investasi untuk pabrik gula dapat menyerap 30.000 tenaga kerja," katanya.

Mentan menyatakan bahwa pembangunan pabrik gula baru memerlukan investasi sebesar Rp1,7 triliun per unit.

Selain mengahadapi sedikitnya pertambahan pabrik gula, menurut Menteri, perluasan lahan tebu sebagai bahan baku pembuatan gula terhambat.

Dia menyatakan, ditargetkan ada perluasan lahan perkebunan tebu 350 hektar. Namun, hingga saat ini belum berjalan. "Kami menghadapi persoalan lahan, harapan 350 hektare tambahan balum didapat," katanya.

Meskipun izin kepada pelaku usaha sudah didapatkan, kata dia, dalam praktik mereka enggan beroperasi karena saat mau mengambil alih lahan tidak gampang.

Oleh karena itu, pemerintah daerah harus didorong untuk dapat menyelesaikan persoalan lahan karena ini merupakan kunci pengembangan tebu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper