Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sharp Klaim Kuasai 40% Pasar Televisi Tabung di Indonesia

Bisnis.com, BANDUNG — PT Sharp Electronics Indonesia mengklaim masih memegang pangsa pasar terbesar untuk produk televisi tabung (cathode ray tube/CRT) di Indonesia dengan pangsa sekitar 40%.
Ria Indhryani
Ria Indhryani - Bisnis.com 29 September 2013  |  16:20 WIB

Bisnis.com, BANDUNG — PT Sharp Electronics Indonesia mengklaim masih memegang pangsa pasar terbesar untuk produk televisi tabung (cathode ray tube/CRT) di Indonesia dengan pangsa sekitar 40%.

Pandu Setio, Public Relation & CSR Manager Brand Strategy Group PT Sharp Electronics Indonesia, mengatakan perusahaannya tidak memiliki pesaing untuk produk televisi tabung, dimana perusahaan lain lebih fokus pada tevisi LED (light emitting diode).

“Meskipun permintaan tidak tumbuh karena untuk beberapa sudah beralih kepada televisi LED, tetapi untuk masyarakat daerah, televisi tabung masih terus digunakan dan dibutuhhkan,” katanya saat ditemui pada acara CSR Sharp, Sabtu (28/9/2013).

Pandu mengungkapkan secara umum Sharp masih terus berada di posisi kedua atau ketiga pada pasar produk elektronik dan bersaing dengan produsen dari Korea.

Kualitas dan pilihan harga dari yang paling murah hingga paling mahal sehingga dapat memperluas pasar diperkirakan menjadi salah satu alasan Sharp tetap menjadi pilihan masyarakat Indonesia.

“Kesuksesan Sharp dapat dilihat pada pengoperasian pabrik baru berukuran 3,4 Ha di daerah Karawang pada Sepember 2013 dari hasil invetasi senilai Rp1,2 triliun dengan target awal produksi produksi 140.000 unit mesin cuci per bulan.”

Menurutnya, pabrik kedua setelah pabrik sebelumnya di Pulogadung tersebut juga akan memproduksi produk lainnya seperti lemari es.

Sementara itu, untuk area Bandung, produk televisi CRT dan LED tetap dinilai menjadi produk unggulan karena memiliki pasar yang luas dengan cakupan wilayah daerah yang potensial untuk penjualan.

Sharp area Bandung mencakup pada daerah Kota Bandung, Ciamis, Tasikmalaya, Cianjur, Banjar, Sumedang dan daerah timur Priangan lainnya.

Branch Manager PT Sharp Electronics Indonesia Area Bandung Yayan Heryanto mengungkapkan pasar area Bandung tersebut berkontribusi sekitar 15% terhadap pendapatan perusahaan secara nasional.

“Produk televisi CRT dan LED memegang pasar 40%, lemari es 20%, alat pendingin udara (air conditioning) 15%, mesin cuci 10%, dan sisanya produk lainnya seperti dispenser dan microwave,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

elektronik sharp
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top