Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penumpang Citilink Tak Perlu Check-In Lagi di 3 Bandara Transit Ini

Bisnis.com, JAKARTA-- Citilink Indonesia menerapkan sistem penerbangan transit through check-in pada sejumlah rute domestik yang dilayani maskapai penerbangan reguler berbiaya murah (low cost carrier/LCC) pelat merah itu.CEO Citilink Indonesia Arif

Bisnis.com, JAKARTA-- Citilink Indonesia menerapkan sistem penerbangan transit through check-in pada sejumlah rute domestik yang dilayani maskapai penerbangan reguler berbiaya murah (low cost carrier/LCC) pelat merah itu.

CEO Citilink Indonesia Arif Wibowo mengemukakan sistem tersebut diharapkan memberikan kenyamanan bagi penumpang dengan rute penerbangan yang mesti transit di tiga bandara penghubung, yakni Bandara Soekarno-Hatta, Juanda Surabaya, dan Hang Nadim Batam.

"Dengan sistem ini, penumpang tidak perlu lagi melakukan check ini di bandara penghubung, sehingga tidak direpotkan dengan barang bagasi bawaannya," ujarnya, Jum'at (13/9/2013). 

Adapun rute domestik Citilink Indonesia yang menggunakan sistem through check-in yakni Medan-Surabaya, Lombok-Batam, Batam-Balikpapan (PP), Batam-Semarang, Pangkal Pinang-Surabaya, Pekanbaru-Denpasar, Padang-Denpasar (PP), dan Medan-Denpasar yang keseluruhan transit di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta.

Selain itu, rute Jakarta-Lombok (PP) yang transit di Bandara Juanda Surabaya dan Palembang-Padang transit di Bandara Hang Nadim Batam, juga akan menggunakan sistem through check-in. 

Menurut Arif, dengan penerapan sistem itu, penumpang Citilink Indonesia dengan rute penerbangan via Jakarta, Surabaya maupun Batam akan mendapatkan dua boarding pass serta nomor label bagasi sesuai dengan tujuan penerbangan pada saat saat check-in di bandara asal.

"Satu boarding pass untuk di bandara asal, dan satunya lagi digunakan saat transit di bandara penghubung melanjutkan perjalanan menuju kota destinasi akhir," papar Arif. 

Dia menambahkan, penumpang Citilink Indonesia bahkan dimungkinkan melanjutkan perjalanan ke destinasi akhir tanpa harus turun dari pesawat.

Namun jika pesawat yang digunakan dari bandara asal untuk menuju bandara di kota destinasi akhir adalah pesawat yang berbeda, maka penumpang akan diminta untuk turun dari pesawat terbang dan melapor ke Transfer Desk untuk konfirmasi serta menunggu penumpang lainnya di ruang tunggu sebelum masuk ke dalam pesawat untuk penerbangan lanjutan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper