Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Keuangan Global: Ketidakpastian Akan Berlanjut

Bisnis.com, JAKARTA--Bank Indonesia memprediksi gejolak akibat ketidakpastian keuangan global masih akan berlanjut. Menurut BI pertumbuhan ekonomi dunia sepanjang tahun ini hanya 3% dari 3,1%.Penurunan proyeksi pertumbuhan ekonomi global tersebut akibat
Febrany D. A. Putri
Febrany D. A. Putri - Bisnis.com 12 September 2013  |  18:31 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--Bank Indonesia memprediksi gejolak akibat ketidakpastian keuangan global masih akan berlanjut. Menurut BI pertumbuhan ekonomi dunia sepanjang tahun ini hanya 3% dari 3,1%.

Penurunan proyeksi pertumbuhan ekonomi global tersebut akibat perlambatan pertumbuhan negara pasar berkembang (emerging), terutama China dan India.

Selain itu, harga komoditas dunia juga masih akan menurun, kecuali harga minyak.

Adapun, ketidakpastian terkait rencana pengurangan bertahap atau tapering stimulus moneter oleh The Fed dan juga potensi pergeseran arah ekonomi global juga harus terus dicermati.

Pada tahun depan, Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi dunia mencapai 3,5% atau lebih rendah dari proyeksi sebelumnya 3,7%.

Sementara itu, Bank Indonesia juga merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang tahun ini menjadi 5,5%-5,9% dari proyeksi sebelumnya 5,8%-6,2%. Hal ini disebabkan dari berbagai hasil survei yang dilakukan BI, terdapat indikasi perlambatan konsumsi rumah tangga pada semester II/2013.

Hal ini tercermin dari perlambatan pertumbuhan bulanan indeks penjualan riil dari 8,3% pada Juni 2013 menjadi 5,7% pada Juli 2013. Selain itu, pertumbuhan tahunan indeks penjualan riil juga melambat dari 14,9% pada Juni 2013 menjadi 9,1% pada Juli 2013.






Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia keuangan global ketidakpastian
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top