Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Brasil Kini Eksportir Daging Ayam Halal Terbesar di Dunia

Bisnis.com, SAO PAULO—Saat ini, Brasil menjadi negara penghasil dan eksportir produk daging ayam atau unggas dengan label halal terbesar di dunia. Arab Saudi dan Uni Emirat Arab merupakan negara tujuan ekspor utama Brasil.
Yeni H. Simanjuntak
Yeni H. Simanjuntak - Bisnis.com 28 Agustus 2013  |  06:20 WIB

Bisnis.com, SAO PAULO—Saat ini, Brasil menjadi negara penghasil dan eksportir produk daging ayam atau unggas dengan label halal terbesar di dunia. Arab Saudi dan Uni Emirat Arab merupakan negara tujuan ekspor utama Brasil.

Pada tahun lalu, ekspor Brasil ke Arab Saudi mencapai 16% dari total 3,8 juta ton ekspor daging ayam Brasil ke lebih dari 150 negara. Adapun, ekspor ke Uni Emirat Arab mencapai 6% dari total nilai impor yang mencapai US$7,7 miliar atau setara dengan Rp84,73 triliun.

“Sekarang kami adalah produsen dan eksportir daging ayam halal terbesar di dunia,” ujar Adriano Nogueira Zerbini, Market Relation Manager Brazilian Poultry Association (Uniao Brasileira de Avicultura/Ubabef), Selasa (27/8) waktu Sao Paulo.

Ubabef merupakan asosiasi yang beranggotakan para pelaku industri yang terkait dengan unggas, baik produsen maupun eksportir. Total anggota Ubabef saat ini sebanyak 123 perusahaan.

Brasil mengekspor produknya ke lebih dari 150 negara. Dengan volume ekspor yang mencapai 3,86 juta ton pada tahun lalu, Brasil mengantongi US$7,7 miliar atau setara Rp84,73 triliun dari ekspor daging ayam dan unggas lainnya.

Adriano menyebutkan saat ini ada tiga perusahaan yang bergerak dalam bidang penanganan masalah sertifikasi halal bagi para produsen daging ayam atau unggas di Brasil.

Muhammad Hagh Parast, Direktur Alimentos Halal Brasil, salah satu perusahaan yang mengurus sertifikasi halal, menyebutkan perusahaannya menangani 10 perusahan pemotongan unggas atau hewan lainnya.

“Kami mendapatkan bayaran berdasarkan kontrak dengan perusahaan pemotongan hewan,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

brasil peternakan unggas daging ayam label halal
Editor :
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top