Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Arus Balik di Cengkareng Bakal Melonjak Akhir Pekan Ini

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Perhubungan memperkirakan masih terjadi lonjakan penumpang arus balik Lebaran di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng pada akhir pekan ini, meskipun puncak arus balik sudah terjadi pada Selasa lalu (13/8/2013).
M. Tahir Saleh
M. Tahir Saleh - Bisnis.com 15 Agustus 2013  |  17:48 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Perhubungan memperkirakan masih terjadi lonjakan penumpang arus balik Lebaran di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng pada akhir pekan ini, meskipun puncak arus balik sudah terjadi pada Selasa lalu (13/8/2013).

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan Bambang S. Ervan mengatakan berdasarkan data sementara Ditjen Perhubungan Udara, hingga hari ini Kamis (15/8/2013), pergerakan arus balik penumpang pesawat dalam negeri di Cengkareng puncaknya H+4 Idul Fitri pada Selasa 13 Agustus.

Meski demikian, dengan masih adanya liburan sekolah yang baru berakhir hingga 17 Agustus mendatang, peluang terjadi lonjakan penumpang pada akhir pekan ini masih terbuka.

“Mengingat libur lebaran anak sekolah yang baru berakhir pada 17 Agustus, masih dimungkinkan terjadi peningkatan lonjakan arus balik penumpang di Cengkareng akhir pekan ini, ataupun lonjakan jumlah penumpang di bandar udara lainnya,” katanya dalam keterangan resmi, Kamis (15/8/2013).

Berdasarkan data sementara Ditjen Perhubungan Udara hingga Kamis pukul 08.00 WIB atau H+6 Idulfitri, jumlah penumpang puncak arus balik pada Selasa itu mencapai 76/045 orang yang tiba di bandara terbesar di Indonesia itu, sedangkan pada H+3 tercatat 73.735 orang dan H+5 sebanyak 69.857 orang.

Bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, jumlah penumpang pada puncak arus balik naik lantaran pada tahun lalu puncak arus balik penumpang di Bandara Soekarno-Hatta itu tercatat 56.649 penumpang yang terjadi pada H+5 Idulfitri.

Dengan demikian, berdasarkan data sementara itu, total jumlah penumpang angkutan udara dalam negeri yang tiba di Cengkareng mencapai 359.118 penumpang, naik dari total tahun sebelumnya 261.671 penumpang.

Ditjen Perhubungan Udara juga mencatat peningkatan jumlah keberangkatan penumpang pesawat terjadi di beberapa bandara di daerah seperti di Praya, Pontianak, Ternate, dan Palembang.

Selain itu peningkatan juga terjadi di Pangkal Pinang, Banda Aceh, Solo, Pekanbaru, Banjarmasin, Makassar, Surabaya, Medan, Jambi, Yogyakarta, Manado, Semarang, Balikpapan.

“Pada musim Lebaran tahun ini, selain memantau Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Ditjen Perhubungan Udara juga memantau langsung terhadap 23 bandara lainnya,” kata Bambang.

Bandara-bandara itu di antaranya Kuala Namu Internasional Medan, Juanda Surabaya, Ngurah Rai Bali, Sultan Hasanuddin Makassar, Sepinggan Balikpapan, Adi Sutjipto Yogyakarta, Adi Sumarmo Solo, dan Ahmad Yani Semarang, dan Syamsuddin Noor Banjarmasin.

Lainnya adalah Sam Ratulangi Manado, Supadio Pontianak, Hang Nadim Batam, El Tari Kupang, Depati Amir Pangkal Pinang, dan Internasional Lombok Praya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenhub cengkareng bandara soekarno hatta lebaran 2013 mudik Arus Balik ditjen perhubungan udara
Editor :

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top