Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mudik Lebaran, Pelni Sampit Siapkan 50.000 Tiket

Bisnis.com, SAMPIT - PT Pelayaran Nasional Indonesia Cabang Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, menyediakan 50.000 lembar tiket untuk mudik Lebaran 2013.

Bisnis.com, SAMPIT - PT Pelayaran Nasional Indonesia Cabang Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, menyediakan 50.000 lembar tiket untuk mudik Lebaran 2013.

"Kami memprediksi jumlah penumpang kapal Pelni yang mudik lebaran melalui Pelabuhan Sampit akan mencapai 51.000 penumpang," kata Kepala T PElni Cabang Sampit Andi Baharudin di Sampit, Selasa (16/7/2013).

Jika tiket yang disediakan tersebut masih kurang maka pihak PT Pelni akan melakukan penambahan sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan. Penyediaan 50.000 tiket mudik tersebut sebagai langkah antisipasi terjadinya lonjakan penumpang di pelabuhan Sampit.

Pelni Sampit memastikan tarif tiket mudik Lebaran tidak mengalami kenaikan atau tetap, yakni untuk tujuan pelabuhan Sampit-pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya sebesar Rp165.000.

Adapun untuk tujuan pelabuhan Sampit-pelabuhan Tanjung Emas, Semarang dijual seharga Rp172.000 per tiket.

Masyarakat diimbau untuk membeli tiket langsung di loket penjualan kantor Pelni, jalan Jenderal Ahmad Yani Sampit, sebab jika pembelian tiket dilakukan di luar loket Pelni maka harganya akan lebih mahal.

Selain menyiapkan ribuan tiket mudik, PT Pelni Cabang Sampit nantinya juga akan menambah sedikitnya Sembilan jadwal kedatangan kapal diluar jadwal resmi yang telah ditetapkan.

"Kesembilan jadwal kedatangan kapal tambahan tersebut rencanaya akan melayani tujuan Semarang dan Surabaya," katanya.

Penambahan sembilan jadwal kedatangan kapal di pelabuhan Sampit rencananya akan terjadi sejak H-15 hingga H-1 jelang hari raya Idulfitri.

Untuk keberangkatan tujuan pelabuhan Tanjung Perak Surabaya akan ada penambahan jadwal kedatangan sebanyak tiga kali, yakni pada Sabtu (27/7), kapal motor (KM) Leuser, Sabtu (3/8) KM Bukit Raya dan Senin (5/8) KM Kalimutu.

Sedangkan untuk tujuan pelabuhan Tanjung Emas, Semarang aka ada enam penambahan jadwal kedatangan kapal, masing pada Rabu (24/7) KM Lawit, Senin (29/7) KM Bukit Raya, Rabu (31/7) KM Lawit, Jumat (2/8) KM Kalimutu, Sabtu (3/8) KM Bukit Raya, dan Sabu (3/8) KM Lawit.

Khusus untuk H-5 jelang hari raya Idulfitri 1434 Hijriyah di pelabuhan Sampit nantinya ada tiga kapal sekaligus yang akan mengangkut pemudik, yakni untuk tujuan pelabuhan Surabaya 1 kapal dan 1 kapal untuk tujuan pelabuhan Semarang.

Penambahan jadwal kedatangan kapal untuk tujuan pelabuhan Sampit-Pelabuhan Semarang memang lebih banyak, karena pemudik tujuan Pelabuhan Semarang lebih banyak dibandingkan tujuan Pelabuhan Surabaya.

Menurut Andi, pada H-5 jelang lebarang memang sengaja dilakukan penambahan jadwal kedatangan kapal lebih banyak, karena pada saat itu diprediksi lonjakan penumpang akan terjadi pelabuhan Sampit.

Dengan adanya penambahan jadwal kedatangan kapal di pelabuhan Sampit tersebut diharapkan seluruh calon penumpang kapal yang akan mudik lebaran melalui pelabuhan Sampit dapat terangkut semuanya.

"Selain sudah ada sembilan jadwal kedatangan kapal tambahan yang sudah terjadwal, nantinya kami juga akan menambah lagi dua kedatangan kapal di pelabuhan Sampit, yakni untuk keberangkatan Rabu (7/8) dan Kamis (8/8)," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul-nonaktif
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper