Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Pertama, Pendaftaran Mudik Gratis Sepeda Motor Masih Sepi Peminat

Bisnis.com, JAKARTA-- Mudik gratis dengan sepeda motor yang digelar Direktorat Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan masih sepi peminat pada hari pertama pendaftaran, Selasa (16/7/2013).Dari 12 tujuan yang mudik yang difasilitasi Dirjen Perhubungan

Bisnis.com, JAKARTA-- Mudik gratis dengan sepeda motor yang digelar Direktorat Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan masih sepi peminat pada hari pertama pendaftaran, Selasa (16/7/2013).

Dari 12 tujuan yang mudik yang difasilitasi Dirjen Perhubungan Darat, hanya tujuh kota tujuan yang baru mendapatkan respons dari calon pemudik yakni Solo dengan lima pendaftar, Kebumen dua pendaftar serta Lampung, Cirebon, Magelang, dan Tegal masing-masing satu pendaftar.

Adapun lima kota tujuan lainnya yakni Yogyakarta, Wonosobo, Purwokerto, Tasikmalaya dan Cilacap belum terdapat satupun pendaftar calon pemudik.

Sepeda motor yang akan diangkut harus memenuhi persyaratan berikut, antara lain tidak boleh ada modifikasi atau aksesoris tambahan, kaca spion wajib dilepas, dan dibawa oleh pemilik motor/ calon pemudik, harus ada penyangga/standar tengah (standar dua), dan harus dilengkapi dengan pegangan belakang.

Selain itu, ukuran roda dan ban standar atau sesuai dengan spesifikasi pabrik, tidak diperbolehkan ada box baik di samping kiri/kanan maupun di belakang, bensin sepeda motor pada saat akan diangkut harus dalam keadaan kosong, dan pada saat di tempat tujuan akan diberikan jatah bensin sebanyak satu liter per motor.

Para pemudik dapat menitipkan kunci kepada petugas ekspedisi/panitia pelaksana, memiliki STNK dan SIM yang sah dengan nama pemegang/pemilik yang sama, serta wajib membawa STNK, SIM, KTP asli beserta fotokopi masing-masing sebanyak dua lembar.

Tempat pendaftaran ditetapkan di kantor Kementerian Perhubungan, Lobi Gedung Cipta Lantai Dasar, pada hari kerja mulai Selasa 26 Juli sampai dengan Rabu, 31 Juli (sampai memenuhi kuota) dimulai pada pukul 08.00-15.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper