Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jamu Diusulkan ke Unesco Jadi Warisan Budaya Dunia

Bisnis.com, JAKARTA --Jamu asal Indonesia sedang diusulkan untuk mendapat pengakuan dunia sebagai warisan budaya asli Tanah Air kepada badan PBB Unesco."Kami sudah membicarakan dan membahas hal ini dengan pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan

Bisnis.com, JAKARTA --Jamu asal Indonesia sedang diusulkan untuk mendapat pengakuan dunia sebagai warisan budaya asli Tanah Air kepada badan PBB Unesco.

"Kami sudah membicarakan dan membahas hal ini dengan pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," kata pendiri Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) Jayasuprana di Jakarta, Rabu (10/7/2013.

Menurutnya, MURI terus memperjuangkan agar jamu-jamu yang berakar dari budaya asli masyarakat Indonesia memperoleh pengakuan dunia sebagai warisan kebudayaan dunia dari Unesco.

Apalagi, lanjutnya, sejak dahulu, setiap daerah di Indonesia memiliki jamu sendiri-sendiri sehingga tingkat keragamannya sangat tinggi. "Jamu ini menunjukkan keberadaban bangsa kita karena setiap bangsa yang beradab pasti mempunyai jamu sehingga ini pantas untuk dijadikan warisan budaya dunia."

Menurut Jayasuprana, jamu asal Indonesia tidak ada tandingannya di dunia hanya saja rasa kepemilikan dan kebangsaan bangsa Indonesia sendiri masih sangat rendah terhadap jamu tradisional.

"Kalau dibandingkan dengan China, kita lebih unggul terutama dari sisi keberagaman. Cuma kalahnya dari sisi kebanggaan nasional kita yang masih rendah," katanya. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper