Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

RUMAH SEWA: Pemerintah Perlu Tingkatkan Penyediaan

BISNIS.COM, JAKARTA—Pemerintah diminta fokus dalam penyediaan rumah melalui skema sewa, untuk memfasilitasi masyarakat miskin yang sulit melakukan pembelian rumah secara mandiri.
Fatia Qanitat
Fatia Qanitat - Bisnis.com 17 Juni 2013  |  17:16 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA—Pemerintah diminta fokus dalam penyediaan rumah melalui skema sewa, untuk memfasilitasi masyarakat miskin yang sulit melakukan pembelian rumah secara mandiri.

Peneliti Perumahan dan Permukiman dari Institut Teknologi Bandung M. Jehansyah Siregar mengungkapkan masyarakat miskin sudah semakin sulit menjangkau harga rumah sederhana sehat saat ini.

“Pemerintah sebaiknya mengurangi porsi pengadaan rumah rakyat melalui skema rumah milik, karena tidak bisa dimiliki oleh seluruh kelompok masyarakat,” ujarnya, Senin (17/6/2013).

Sementara, sambungnya, biaya pengadaan rumah sangat mahal. Oleh sebab itu, bagi kelompok MBR dapat disediakan perumahan umum yang lebih banyak dengan skema sewa, seperti rumah susun sewa.

Untuk merealisasikan hal tersebut, papar Jehansyah, pemerintah harus dapat memastikan sistem pengelolaannya, yakni dengan segera membentuk badan pengelolaan.

“Bangunan dibangun di atas tanah pemerintah, yang mengelola pemerintah, dan yang menetapkan harganya juga pemerintah. Pengembangan bisa dilakukan di pusat kota, atau dipinggiran kota,” paparnya.

Dengan begitu, jelasnya, masyarakat yang tidak mampu dapat tinggal di hunian yang layak dan terjangkau. Pola sewa seperti ini harusnya dapat dimaksimalkan oleh pemerintah, dengan mamastikan regulasi bahwa masyarakat yang tinggal merupakan kelompok sasaran.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

masyarakat berpenghasilan rendah rumah sewa jehansyah siregar
Editor : Ismail Fahmi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top