Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

AP II Perluas Bandara Depati Amir Pangkal Pinang

BISNIS.COM, JAKARTA—PT Angkasa Pura II (Persero) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung mengembangkan Bandara Depati Amir Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung guna mengatasi kepadatan di bandara tersebut.  
Henrykus F. Nuwa Wedo
Henrykus F. Nuwa Wedo - Bisnis.com 13 Juni 2013  |  19:50 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA—PT Angkasa Pura II (Persero) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung mengembangkan Bandara Depati Amir Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung guna mengatasi kepadatan di bandara tersebut.  

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Tri Sunoko menjelaskan saat ini pihaknya telah melakukan pembangunan tahap I gedung terminal penumpang baru dengan kapasitas 1,3 juta penumpang per tahun.

“Terminal eksisting saat ini hanya berdaya tampung 350.000 penumpang per tahun,” ujarnya dalam siaran pers, Kamis (13/6/2013).

Tri menjelaskan saat ini progress pembangunan terminal baru yang menelan biaya Rp107 miliar tersebut telah mencapai 92,49%.

Dia juga menambahkan saat ini pihaknya sedang merencanakan pengembangan terminal tahap II dengan kapasitas penumpang 2,5 juta penumpang per tahun.

Menurutnya pengembangan terminal tahap kedua akan dilakukan pada 2013 hingga 2014 meliputi pekerjaan pembangunan fasilitas penunjang bandara dengan total anggaran mencapai total Rp250 miliar.

Pekerjaan tersebut meliputi pekerjaan pengawasan pembangunan fasilitas Rp2 miliar, pekerjaan design and build interior terminal Rp15 miliar, pekerjaan clearing dan penimbunan gedung terminal baru Rp20 miliar, penyempurnaan fasilitas terminal senilai Rp9,5 miliar, pembangunan tower Rp20 miliar dan pembangunan apron dan pengawasannya Rp183,6 miliar.

Dia melanjutkan selama lima tahun terakhir statistik pertumbuhan penumpang di Bandara Depati Amir sebesar 15,26% per tahun.

Selama 2012 jumlah pergerakan penumpang telah mencapai angka 1,48 juta penumpang atau meningkat 12% dari tahun sebelumnya sebesar 1.32 juta penumpang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ap ii bandara pangkal pinang
Editor : Sepudin Zuhri
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top