Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TINGKAT PEREKONOMIAN: RI Berpeluang Tempati No.7 Dunia

BISNIS.COM, JAKARTA--Menteri Koordinator (Menko) Perekenomian, Hatta Rajasa menyatakan optimalisasi pendidikan dan kesehatan akan membawa tingkat perekonomian Indonesia menduduki peringkat ketujuh dunia."Pasalnya pertumbuhan kelas menengah Indonesia

BISNIS.COM, JAKARTA--Menteri Koordinator (Menko) Perekenomian, Hatta Rajasa menyatakan optimalisasi pendidikan dan kesehatan akan membawa tingkat perekonomian Indonesia menduduki peringkat ketujuh dunia.

"Pasalnya pertumbuhan kelas menengah Indonesia yang begitu pesat, hingga saat ini tercatat jumlahnya lebih dari 55 juta orang.,"  ujarnya dalam keterangan pers di Jakarta, Selasa (11/6)

Hatta menjelaskan  peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan menjadi kunci, untuk mendongkrak perekonomian di Indonesia.

Terlebih Indonesia memiliki potensi pertumbuhan ekonomi kelas menengah yang berkembang pesat, bahkan tercatat terbesar di Asia Tenggara dan mengalahkan kekuatan ekonomi baru di dunia, seperti China dan India.

Dia  mengungkapkan percepatan pertumbuhan ekonomi akan berkembang pesat ketika didukung peningkatan mutu tenaga kerja yang akan berdampak terhadap penguasaan teknologi dan peningkatan kreasi bangsa.

Pada era reformasi perekonomian gelombang pertama, Hatta menambahkan Indonesia mampu membuktikan sebagai kekuatan ekonomi yang menduduki peringkat 15 dunia.

"Pada reformasi gelombang kedua, Indonesia harus menekankan pada politik kesejahteraan dengan fokus meningkatkan mutu pendidikan dan kesehatan rakyat?"

Senada dengan Hatta, Guru Besar Ilmu Ekonomi Universitas Brawijaya, Ahmad Erani Yustika menyatakan Indonesia berpeluang menduduki posisi tujuh dunia sebagai negara ekonomi.

Erani menjelaskan Indonesia yang menduduki jumlah penduduk terbesar keempat di dunia, dapat mengakumulasikan pendapatan yang besar.

Menurutnya,  Indonesia menjadi kekuatan ekonomi yang menduduki ke-15 dunia dengan catataan 65 persen tenaga kerja hanya lulusan SMP ke bawah.

"Bayangkan bila mutu pendidikan tenaga kerja di Indonesia lebih baik lagi,? tegas Erani seraya menambahkan pemerintah Indonesia harus meningkatkan mutu pendidikan, agar mendongkrak penguasaan teknologi.

Lembaga riset internasional, McKinsey Global Institute memperkirakan Indonesia akan menjadinegara dengan kekuatan ekonomi nomor tujuh di dunia pada 2030.

McKinsey juga memprediksikan Indonesia bisa memiliki kelas konsumen sebanyak 130 juta jiwa atau tiga kali lipat dibanding saat ini. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper