Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SYARIEF HASAN: UMKM Akan Dikenai Pajak 1% Dari Omzet

BISNIS.COM, JAKARTA - Usaha mikro, kecil, dan menengah segera dikenai pajak usaha 1% dari omzet mereka.Menteri Negara Koperasi dan UMKM Syarief Hasan mengatakan draf regulasi dalam bentuk keputusan presiden tinggal ditandatangani dalam waktu tidak lama
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 29 Mei 2013  |  13:09 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA - Usaha mikro, kecil, dan menengah segera dikenai pajak usaha 1% dari omzet mereka.

Menteri Negara Koperasi dan UMKM Syarief Hasan mengatakan draf regulasi dalam bentuk keputusan presiden tinggal ditandatangani dalam waktu tidak lama lagi.

"Itu pajak final 1%. (UMKM) ngitung sendiri dan final. Tidak akan diutak-atik lagi," katanya seusai membuka seminar bertema Kesiapan UMKM Indonesia dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015, Rabu (29/5/2013).

Syarief menuturkan pengenaan pajak ini tidak akan terlalu menggerus keuntungan UMKM.

Seperti diketahui, pemerintah telah lama berencana menerapkan pajak usaha terhadap UMKM dengan omzet Rp0—Rp4,8 miliar.

Sesuai dengan UU No20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), usaha mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan atau badan usaha perorangan yang memiliki aset maksimal Rp50 juta dan omzet Rp300 juta.

Usaha kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan. Usaha kecil memiliki aset Rp50 juta  - Rp500 juta dan omzet Rp300 juta - Rp2,5 miliar.

Usaha menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan. Usaha menengah memiliki aset Rp500 juta - Rp10 miliar dan omzet Rp2,5 miliar - Rp50 miliar. (mfm)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pajak umkm koperasi usaha kecil syarief hasan omzet usaha mikro usaha menengah
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top