Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PULAU BANGKA Diklaim Mengandung 17.500.000 Bijih Besi

BISNIS.COM, MANADO--Pemerintah daerah mengklaim Pulau Bangka mengandung potensi bijih besi dalam jumlah besar.
Yoseph Pencawan
Yoseph Pencawan - Bisnis.com 20 Mei 2013  |  09:15 WIB

BISNIS.COM, MANADO--Pemerintah daerah mengklaim Pulau Bangka mengandung potensi bijih besi dalam jumlah besar.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sulaesi Utara Ir. F. Boy Tamon, MSi mengatakan Pulau Bangka, Kabupaten Minahasa Utara, memiliki kandungan bijih besi sekitar 17.500.000 ton.

Pemerintah provinsi dan juga pemerintah kabupaten setempat memberikan kesempatan kepada investor untuk mengelolah potensi sumber daya alam tersebut, kata Boy Tamon di Manado, Ibu Kota Provinsi Sulut, Senin (20/5/2013).

Tamon mengatakan pengelolaan potensi biji besi di Kecamatan Likupang tersebut tentu akan didahului dengan melakukan analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) agar di kemudian hari tidak menimbulkan masalah, khususnya yang merugikan masyarakat sekitar.

Potensi tersebut diharapkan dapat dikelolah sebaik mungkin sehingga membawa manfaat positif bagi kesejahteraan penduduk sekitar kawasan tambang dan memberikan kontribusi bagi pendapatan asli daerah (PAD) setempat.

Sementara itu, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Minahasa Utara W. Dimpudus, pada akhir pekan lalu dalam suatu workshop di Maumbi, mengatakan investor dari China telah menyatakan minatnya untuk mengelolah potensi tambang buji besi di Pulau Bangka.

Pengusaha asing itu akan mendirikan pabrik baja untuk memproses biji besi, sehingga investasinya cukup besar, katanya, tanpa merinci nilai investasi mau masuk di pulau tersebut.

Menjawab pertanyaan, Dimpudus mengatakan bahwa luas Pulau Bangka sekitar 4.800 hektare, terdapat sekitar 2.649 jiwa tersebar pada tiga desa yaitu Desa Libas, Kahuku, dan Desa Lihunu.

Kawasan tambang biji besi itu berada pada areal sekitar 2.000 hektare, sehingga nanti akan dilakukan relokasi terhadap kurang lebih 750 kepala keluarga dari Desa Kahuku ke Kecamatan Likupang Timur.(yop)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tambang bangka bijih besi pulau pulau bangka

Sumber : Antara

Editor : Others
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top