Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

APBN PERUBAHAN: Anggaran Kementerian Pekerjaan Umum Dipangkas Rp6,1 Triliun

BISNIS.COM,SURABAYA--Kementerian Pekerjaan Umum akan memangkas anggaran belanjanya senilai Rp6,1 triliun menyusul target pemerintah untuk memangkasan anggaran diseluruh kementerian dan lembaga (K/L) hingga Rp 24 triliun pada tahun ini.Kepala Pusat Komunikasi
Dimas Novita Sari
Dimas Novita Sari - Bisnis.com 16 Mei 2013  |  09:08 WIB

BISNIS.COM,SURABAYA--Kementerian Pekerjaan Umum akan memangkas anggaran belanjanya senilai Rp6,1 triliun menyusul target pemerintah untuk memangkasan anggaran diseluruh kementerian dan lembaga (K/L) hingga Rp 24 triliun pada tahun ini.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum Danis H. Sumadilaga mengatakan penghematan tersebut akan dilakukan dari cadangan belanja pegawai, belanja konsultan, belanja perjalanan, belanja profesional, belanja modal, dan sisa belanja tender hingga 90%.

"Kami akan mengurangi pada belanja output kegiatan, namum tidak di proyek sehingga kami tidak akan mengurangi kualitas produk-produk ke-pu-an," katanya, Rabu (15/5) malam.

Meskipun terjadi pemangkasan pengalokasian dana dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) namun, Kemenpu mendapatkan dana tambahan dampak dari pengurangan subsidi BBM.

Danis menjelaskan pihaknya akan menggunakan dana sebesar Rp6 triliun tersebut untuk tiga program yang akan dilaksanakan selama 6-7 bulan.

Ketiga program tersebut yakni program percepatan pembangunan permukiman, program percepatan pembangunan air minum, dan program percepatan perluasan sumber daya air, masing-masing Rp2 triliun.

"Jadi meskipun dipangkas, tapi kami juga mendapatkan dana tambahan untuk mengembangkan program lainnya," ujarnya.

Seperti yang diketahui, penghematan anggaran ini dilakukan sebagai upaya menjaga angka defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tidak menembus 2,45% sekaligus menjaga kondisi fiskal.(c15/yop)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apbn pekerjaan umum kementerian pekerjaan umum apbn perubahan anggaran kementerian
Editor : Yoseph Pencawan - nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top