Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TOL DALAM KOTA: Enam Ruas Diyakini Teralisasi Tahun Ini

BISNIS.COM, JAKARTA-PT Jakarta Toll Development (JTD) optimistis pembangunan enam ruas tol dalam kota dapat teralisasi tahun ini. Kepala Divisi Komunikasi JTD Ngurah Wirawan mengatakan dengan bergeraknya pembangunan transportasi massal seperti MRT, membawa

BISNIS.COM, JAKARTA-PT Jakarta Toll Development (JTD) optimistis pembangunan enam ruas tol dalam kota dapat teralisasi tahun ini.

Kepala Divisi Komunikasi JTD Ngurah Wirawan mengatakan dengan bergeraknya pembangunan transportasi massal seperti MRT, membawa angin segar bagi nasib kelanjutan proyek senilai Rp41,17 triliun tersebut.

"Kami bersyukur karena bisa diberikan kesempatan yang sama dengan jaringan transportasi lainnya. Tidak apa-apa sekarang MRT dulu, monorel sebentar lagi, dan anak bungsu [enam ruas jalan tol] diumumkan 2-3 bulan mendatang," ujarnya saat dihubungi Bisnis, Senin (13/5/2013).

Meskipun hingga saat ini belum dipanggil oleh Pemprov DKI, namun perusahaan tidak tinggal diam. Sejumlah persiapan teknis dan dokumen terus dilakukan oleh perusahaan.

Persiapan teknis tersebut antara lain uji beban, kedalaman tiang pancang, dan fungsi topografi. Adapun persiapan dokumen, yakni perjanjian dengan BPJT dan juga sindikasi bank.

"Kami posisnya menunggu kebijakan dari Gubernur, tapi seketikanya mereka panggil kami untuk kerjakan, kami akan langusng kerjakan," katanya.

Ngurah berharap dengan semakin baiknya sistem dan jaringan transportasi DKI Jakarta maka terjadi trafic equilibrium sehingga masyarakat mempunya pilihan sesuai dengan kebutuhannya masing-masing akan moda tranportasi yang ingin digunakannya.

Berdasarkan catatan Bisnis, konstruksi proyek akan dilaksanakan dalam 5 tahun, yakni rinciannya tahap I akan dibangun pada Juli 2013, tahap II pada Juli 2016, dan terakhir Januari 2018.

Untuk rute proyek, tol akan dibangun sepanjang 69,77 kilometer, dengan tiga tahap pembangunan konstruksi, yakni Palimanan-Sunter dan Sunter-Bekasi Raya, Duri Pulo-Kampung Melayu, dan Kemayoran-Kampung Melayu, serta Ulujami-Tanah Abang dan Pasar Minggu-Casablanca. (mfm)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper