Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

MASWINGS: Sepi Penumpang, Rute Balikpapan - Kuching Ditutup Sementara

BISNIS.COM, BALIKPAPAN--Maskapai penerbangan anak usaha Malaysia Airlines, MASwings, menutup sementara rute penerbangan Balikpapan – Kuching hingga dua bulan ke depan dengan alasan yang belum diketahui.
Rachmad Subiyanto
Rachmad Subiyanto - Bisnis.com 06 Mei 2013  |  17:15 WIB

BISNIS.COM, BALIKPAPAN--Maskapai penerbangan anak usaha Malaysia Airlines, MASwings, menutup sementara rute penerbangan Balikpapan – Kuching hingga dua bulan ke depan dengan alasan yang belum diketahui.

Corporate Communication MASwings Joshua Giang mengatakan belum ada informasi resmi yang bisa disampaikan terkait dengan penutupan rute penerbangan ini.

Padahal, rute ini baru meresmikan inaugural flight pada Februari tahun ini.

“Kami belum memiliki informasi yang resmi mengenai alasan penutupan ini. Kami akan memberitahukan setelah ada informasi lebih lanjut,” ujar Joshua sebagaimana surat elektroniknya kepada Bisnis, Senin (6/5/2013).

Ketua Asita Kalimantan Timur Eddy Yusuf Assainar juga mengaku terkejut dengan adanya penutupan rute penerbangan menuju Kuching dari Balikpapan ini. Dia mendapatkan konfirmasi penutupan tersebut pada Minggu pagi (5/5/2013).

Dia menyebutkan pasca inaugural flight pada Februari, rute Kuching memang lebih sedikit diminati penumpang dibandingkan dengan rute Kinabalu.

Sepinya minat penumpang ini kemungkinan menjadi salah satu alasan penutupan rute kendati pihaknya juga tidak mengetahui secara pasti alasannya.

“Mungkin karena load factor-nya sedikit, tapi belum tahu juga karena kami hanya diberitahu rute ditutup sementara sampai dua bulan ke depan,” tukasnya.

Dia menambahkan promosi sudah cukup sering dilakukan oleh pihaknya untuk menarik wisatawan menggunakan MASwings. Bahkan, dirinya sudah bekerja sama dengan Sarawak Tourism Board (STB) untuk menggelar promosi serupa di Kuching.

Tercatat, ada sepuluh agen perjalanan yang siap menggelar promosi di Kuching. “Karena rute ditutup tentu promosi ini ditunda. Kami mendapat kabar kalau dalam dua bulan ke depan akan kembali buka,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten Manager SIM, Humas dan Tapor PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandara Sepinggan Asniar menyebutkan rute tersebut mengalami pengurangan frekuensi penerbangan dari tiga kali seminggu menjadi dua kali seminggu.

“Info dari pihak yang meng-handle, tidak ada penutupan hanya pengurangan frekuensi menjadi dua kali seminggu,” katanya.

Dalam laman resmi Malaysia Airlines, rute Balikpapan – Kuching memang sudah tidak masuk dalam jadwal penerbangan.

Sementara untuk rute Balikpapan – Kinabalu, frekuensi penerbangan menjadi dua kali yakni pada Selasa dan Jumat dari sebelumnya Selasa, Jumat dan Minggu.

Dalam peresmian pembukaan rute Balikpapan – Kuching, MASwings Chief Executive Officer Datuk Captain Mohd Nawawi Hj. Ahmad mengatakan pembukaan rute ini diharapkan dapat meningkatkan tingkat keterisian rute yang melalui negara BIMP-EAGA menjadi 70%.

Dia menyebutkan dalam jangka waktu setahun, dari tiga rute yang telah dibuka yakni Bandar Seri Begawan, Pontianak dan Tarakan telah berhasil membukukan tingkat keterisian rerata mencapai 50%.

"Adanya penambahan rute ini dengan target penuh kami harapkan bisa meningkatkan tingkat keterisian menjadi 70% dari 3.968 kursi yang ditawarkan setiap minggunya," katanya.

Dia mengungkapkan empat rute yang telah dibuka ini juga sebagai upaya persiapan menjelang Visit Malaysia Year 2014. Pihaknya akan bekerja sama dengan lembaga pariwisata lokal maupun biro perjalanan untuk dapat merealisasikan target tersebut. (wde)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asita kalimantan timur malaysia airlines maswings rute balikpapan kuching naugural flight kinabalu

Sumber : Rachmad Subiyanto

Editor : Wiwiek Endah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top