Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DIAGNOSA KANKER: Indonesia Kekurangan Pesawat Radioterapi

BISNIS.COM, JAKARTA - Indonesia diprediksi membutuhkan pesawat radioterapi untuk kanker hingga 165 unit untuk melayani para penderita kanker.Sampai saat ini baru 35 pesawat radioterapi tersebar di Indonesia, 11 di antaranya berada di Jakarta. Jumlah
Gloria Natalia Dolorosa
Gloria Natalia Dolorosa - Bisnis.com 20 April 2013  |  22:02 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA - Indonesia diprediksi membutuhkan pesawat radioterapi untuk kanker hingga 165 unit untuk melayani para penderita kanker.

Sampai saat ini baru 35 pesawat radioterapi tersebar di Indonesia, 11 di antaranya berada di Jakarta.

Jumlah itu setara dengan 17,5% dari jumlah pesawat radioterapi yang dibutuhkan negara ini.

Radioterapi adalah tindakan medis menggunakan radiasi pengion untuk mematikan sel kanker sebanyak mungkin dengan kerusakan pada sel normal sekecil mungkin.

Soehartati Gondhowiardjo, Ketua Perhimpunan Onkologi Indonesia dan Perhimpunan Onkologi Radiasi Indonesia, mengatakan karena kekurangan alat, jumlah pasien menumpuk untuk diperiksa.

"Misalnya, saat ini terdapat 60 pasien penderita kanker mengantre radioterapi di sebuah rumah sakit negeri di Jakarta," , tutur Soehartati di sela-sela 5th Recent Advances in Cancer Diagnosis & Therapy di Rumah Sakit Gading Pluit, Sabtu (20/4/2013)

Menurut Soehartati, idealnya, tersedia satu pesawat radioterapi dalam lingkungan berpopulasi 1 juta penduduk. Indonesia belum berada di tingkat rasio ini, baru 0,14. Sementara, rasio di Filipina 0,4, Thailand 1,1, Malaysia 1,4, dan Singapura 3,4.
Dengan rasio yang kecil itu, rumah sakit di Indonesia yang punya fasilitas radioterapi hanya sanggup menangani sekitar 10% penderita kanker.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kanker radioterapi onkologi
Editor : Fajar Sidik

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top