Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

6 PROYEK TOL DALAM KOTA Akan Dilengkapi 17 Shelter Bus Transjakarta

BISNIS.COM, JAKARTA-Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak mengungkapkan pembangunan 6 ruas tol dalam kota dimodifikasi untuk menampung transportasi massal.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 17 April 2013  |  18:53 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA-Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak mengungkapkan pembangunan 6 ruas tol dalam kota dimodifikasi untuk menampung transportasi massal.

Menurutnya, aksebilitas kendaraan di dalam kota Jakarta terus menurun. Dengan mengambil sampel dari Pasar Minggu ke Manggarai, Hermanto mengungkapkan pada 1985 kecepatan kendaraan di dalam kota bisa mencapai 26,3 km per jam. Sementara pada 2008 menjadi 16,1 km per jam dan pada 2010 menjadi 6 km per jam.

Untuk itu, katanya, pembangunan enam ruas tol dalam kota dapat mengurai kemacetan, karena memindahkan kendaraan di jalan arteri ke jalan tol yang rencananya dibangun elevated tersebut. Selain itu, jalan tol dapat menjadi opsi untuk kendaraan yang melakukan perjalan jauh.

"Kami modifiaksi jalan tol itu supaya menampung kepentingan publik. Nantinya ada jalur khusus untuk trans jakarta express yang mengangkut perjalanan yang cukup jauh. Jalan tol melingkar ini nanti sepanjang 30 km dengan hanya ada 17 titik perhentian untuk bus trans jakarta," ujar Hermanto di Jakarta, Rabu (17/4/2013)

Menurutnya kemacetan di Jakarta memperlihatkan kondisi Jakarta yang kekurangan transportasi masal dan kekurangan jalan. Dia menilai pertumbuhan kendaraan di Jakarta sebanyak 1.117 kendaraan per tahun atau 9% sementara pertumbuhan jalan hanya 0,01% dari luas wilayah DKI Jakarta.


Dia menambahkan pembangunan jalan tol ini juga nantinya tidak akan menggunakan APBN atau APBD, sehingga tidak akan membebani pemerintah. "Karena jalan tol menampung transjakarta, pemerintah akan memberi lebih lama masa konsesi agar pihak swasta tidak merasa dirugikan."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol trans jakarta hermanto dardak wakil menteri pu 6 ruas tol dalam kota
Editor : Fajar Sidik
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top