Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PU: 94% Jalan Nasional Di Kaltim Mulus 2014

BISNIS.COM, JAKARTA--Kementerian Pekerjaan Umum menargetkan seluruh jalan nasional di Provinsi Kalimantan Timur dalam kondisi mantap mencapai 94% pada akhir 2014.Dari hasil survei IRMS semester II/2012, kondisi ruas jalan dari Samarinda–Loajanan–Tenggarong–Senoni–Kota

BISNIS.COM, JAKARTA--Kementerian Pekerjaan Umum menargetkan seluruh jalan nasional di Provinsi Kalimantan Timur dalam kondisi mantap mencapai 94% pada akhir 2014.

Dari hasil survei IRMS semester II/2012, kondisi ruas jalan dari Samarinda–Loajanan–Tenggarong–Senoni–Kota Bangun–Gusiq–Simpang Busuh sepanjang 363,5 km dari total panjang 400 km atau 90,85% dalam kondisi mantap.

Adapun sisanya yakni 36,7 km atau 9,15% dalam kondisi tidak mantap, meliputi Samarinda–Batas Kalteng yang paling dominan terdapat di Tenggarong–Senoni-Gusiq–Sp. Blusuh–Bts Kalteng.

Direktur Bina Pelaksanaan Wilayah II Ditjen Bina Marga Winarno mengatakan untuk mengatasi kondisi tidak mantap tersebut maka pada tahun anggaran 2013 di ruas Samarinda–Bts Kalteng dialokasikan dana Rp152,9 miliar.

"Alokasi dana tersebut, lanjutnya, termasuk untuk penanganan ruas Jalan Tenggarong– Senoni senilai Rp49,5 miliar, sedangkan ruas Gusiq–Sp. Blusuh–Bts. Kalteng sebesar Rp27,5 miliar," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (15/4/2013).

Sementara itu, untuk ruas jalan nasional dari Samarinda-Sp. Perdau–Ma. Wahau–Kelay–Labanan–Tj. Redeb (Berau) sepanjang 395,1 km, atau 76,56% dari total panjang 516,1 km dalam kondisi mantap, sedangkan sisanya dalam kondisi tidak mantap.

Menurutnya, kondisi tidak mantap tersebut disebabkan terdapat jenis permukaan tanah yang sangat mudah berubah oleh perubahan cuaca.

Berdasarkan data–data tersebut, ujar Wianrno, dapat diketahui bahwa ruas jalan nasional stersebut masih dapat dilalui dan fungsional, meskipun masih terdapat beberapa spot kerusakan yang akan ditangani melalui APBN 2013 dan Rencana APBN 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper