Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penggenangan Waduk Jatigede ditargetkan September 2013

BISNIS.COM, JAKARTA --Penggenangan Waduk Jatigede di Jawa Barat ditargetkan dilakukan pada September 2013, mengingat pembangunan fisik sudah mencapai 72%. "Kondisi progres sudah 72 persen dan menurut rencana akhir tahun di bulan September nanti

BISNIS.COM, JAKARTA --Penggenangan Waduk Jatigede di Jawa Barat ditargetkan dilakukan pada September 2013, mengingat pembangunan fisik sudah mencapai 72%.
 
"Kondisi progres sudah 72 persen dan menurut rencana akhir tahun di bulan September nanti mulai diisi," ujar Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, seperti dikutip dari keterangan resmi, Sabtu (6/4/2013).

Dia menyampaikan waduk Jatigede merupakan waduk terbesar kedua di Indonesia setelah Waduk Jatiluhur sehingga dapat menjamin saluran irigasi seluas 90.000 ha, untuk Cirebon dan Indramayu.
 
Selain itu, lanjutnya, Waduk Jatigede akan menghasilkan pasokan listrik sebesar 110 megawatt dan dapat mengurangi banjir.

Kendati demikian, dalam proses pembangunannya juga terdapat beberapa kendala yang masih harus ditangani, salah satunya pembebasan lahan.

"Kontraktor saat ini belum bisa bekerja total karena masalah pembebasan lahan," katanya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menjelaskan pihaknya menargetkan relokasi serta masalah pembebasan lahan dapat rampung sebelum September 2013.

"Ada lahan yang belum dimatangkan, Kemenpera telah menganggarkan Rp175 miliar untuk 1988 unit, namun baru dilaksanakan 697 unit," jelasnya.

Selain relokasi penduduk yang terkena dampak pembangunan waduk Jatigede, juga terdapat situs-situs sejarah yang terkena imbas dari pembangunan tersebut. Oleh karena itu, pemprov Jawa Barat juga akan melakukan pemindahan situs-situs sejarah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Others
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper