Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PELNI Terapkan Pemeriksaan Tiket Secara Elektronik April

BISNIS.COM,JAKARTA—PT Pelayaran Nasional Indonesia akan menerapkan sistem pengecekan tiket penumpang menggunakan layanan mobile check in pada April 2013.
Henrykus F. Nuwa Wedo
Henrykus F. Nuwa Wedo - Bisnis.com 28 Maret 2013  |  17:51 WIB
PELNI Terapkan Pemeriksaan Tiket Secara Elektronik April
Bagikan

BISNIS.COM,JAKARTA—PT Pelayaran Nasional Indonesia akan menerapkan sistem pengecekan tiket penumpang menggunakan layanan mobile check in pada April 2013.

Direktur Operasi PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Daniel E. Bangonan menyatakan pemeriksaan tiket kapal akan dilakukan secara elektronik pada 1 April 2013.

“Datanya lebih valid dan real time dan [dapat] mencegah kartu palsu. Tahap awal akan diuji coba pada KM Labobar pada rute Indonesia Timur,” ujarnya di sela-sela Diskusi Masa Depan Transportasi Laut Indonesia di Jakarta, Kamis (28/3).

Daniel menambahkan pihaknya menargetkan pada akhir tahun ini akan menerapkan pemeriksaan tiket secara elektronik pada tiga kapal milik Pelni.

Dia menjelaskan setiap tiket penumpang akan diperiksa secara elektronik sehingga meminimalisir tindakan pemalsuan tiket.

Dia menambahkan pihaknya juga menargetkan akan menerapkan sistem tiket elektronik bagi penumpang kapal milik Pelni di seluruh Indonesia pada 2015.

Penerapan sistem tiket elektronik (e-ticketing) sehingga meningkatkan efisiensi biaya pencetakan tiket kertas yang selama ini digunakan.  

Perseroan menggandeng sejumlah perusahaan travel agent dalam penerapan sistem tiket elektronik.

Pelni telah bekerja sama dengan 500 travel agent penjualan tiket kapal laut di Indonesia.  

“Selama ini penerapan sistem e-ticketing masih terkendala infrastruktur di masing-masing daerah.Kita targetkan dua tahun lagi,” katanya.  

Saat ini pihaknya masih mempersiapkan infrastruktur penerapan e-ticketing di 95 pelabuhan di Indonesia.

 Perusahaan pelat merah itu, telah merencanakan akan menerapkan sistem e-ticketing sejak 2005.

Dia menambahkan kendala utama dalam penerapan sistem e-tiketing disebabkan oleh beberapa hal antara lain akses masuk pelabuhan, konektivitas jaringan komunikasi, dan jaringan penjualan tiket yang berbeda di setiap daerah .

“Nanti sistem [e-ticketing] kayak pulsa dan langsung dipotong ketika akan naik kapal,” katanya.

Dia mengungukapkan perseroan selama ini juga telah menjalin kerja sama dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk untuk revservasi tiket kapal laut Pelni menggunakan sistem online.

Menurutnya dengan rencanan pengembangan sistem e-ticketing pihaknya juga akan membenahi sistem operasional dan prosedur pelayanan dalam penjualan tiket. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kapal pelayaran pelni tiket tiket elektronik
Editor : Others
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top